Tips mendeteksi kebocoran gas

16 Sep 2010
Beberapa cara untuk mendeteksi kebocoran gas :

1. Gas cair yang terdapat dalam kompor gas tidak berbau. Kalau kemudian kita mencium bau khusus dari gas tersebut, itu dikarenakan pada gas sudah ditambahkan semacam odoran (zat penimbul bau). Itu dimaksudkan agar kita langsung “terjaga” begitu mencium aroma tersebut. Sehingga, kita tidak melakukan hal - hal yang bisa membuat gas meledak.

2. Kebocoran bisa disebabkan karena kompor tidak tertutup rapat, selang bocor, sambungan selang atau kompor tidak rapat, atau regulator tidak bekerja dengan
baik.

3. Apabila anda mencium bau gas, segera buka pintu dan jendela. Lalu, cabut regulator yang terpasang dan matikan keran kompor. Jangan lupa, jangan sekali - kali menyalahkan saklar listrik, korek api ataupun membawa lilin atau korek api yang menyala.

4. Kemudian, segera cari sumber kebocoran. Cara mencarinya sama dengan cara tukang tambal ban mencari sumber kebocoran. Oleskan air sabun pada bagian yang diduga mengalami kebocoran. Pada bagian yang bocor, lapisan sabun akan menggelembung.

5. Usahakan agar tidak menyemprot api dengan air atau pemadam kebakaran lainnya. Cara ini memang bisa mematikan api. Namun gas yang masih mengalir malah berpotensi menimbulkan ledakan. Jadi, cara yang terbaik adalah menghentikan aliran gas dengan menutup keran kompor. Agar tabung tidak ikut meledak, basahi tabung dengan air dingin atau karung basah.


Sumber : KasKus