Tips membeli sepeda MTB (Mountain Bike)

10 Sep 2010

1. Kenali Type Sepeda Gunung.
Ada beberapa tipe sepeda gunung yang perlu agan kenali sebelum membeli, Yaitu tipe downhill (DH), Freeride (FR), Dirtjump (DJ), Cross Country (XC) dan All Mountain (AM). Pemilihan tipe sepeda sebaiknya anda sesuaikan dengan jenis aktifitas serta karakter madan yang akan agan tempuh. a) Tipe Downhill (DH) seperti gambar 1 dan 2, dirancang agar dapat melaju cepat, aman dan nyaman dalam menuruni bukit dan gunung. Mampu menikung dengan stabil pada kecepatan tinggi dan selalu dilengkapi suspensi belakang untuk meredam benturan yang sering terjadi. Sepeda DH tidak mengutamakan kenyaman mengayuh karena hanya dipakai untuk turun gunung. Sepeda downhill juga lebih mengacu pada lomba, sehingga selain kekuatan, yang menjadi titik tekan dalam perancangannya adalah bagaimana agar dapat melaju dengan cepat. Untuk menuju ke lokasi, para downhiller tidak mengayuh sepeda mereka namun diangkut dengan mobil. Tipe ini tidak efisien apabila dipergunakan di dalam kota maupun di jalur cross country. b) Tipe Freeride (FR) seperti gambar 3, Dirancang untuk mampu bertahan menghadapi drop off (lompatan) tinggi dan kondisi ekstrim sejenisnya. Bodinya kuat namun tidak secepat dan selincah tipe all mountain (AM) karena bobotnya yang lebih berat. Kurang cocok untuk dipakai jarak jauh. c) Tipe Cross Country (XC) seperti gambar 4, dirancang untuk lintas alam ringan hingga sedang. Didesain agar efisien dan optimal pada saat mengayuh dan menanjak di jalan aspal hingga jalan tanah pedesaan. Biasanya cukup dengan tipe Hardtail (suspensi depan). d) Tipe Dirt Jump (DJ) seperti gambar 5, didesain untuk melakukan aktifitas lompatan-lompatan tinggi dan extreme, seperti halnya sepeda-sepeda BMX. Bentuk frame DJ biasanya berkesan kokoh dan gaya, namun agak terasa
berat untuk jalur menanjak. DJ untuk keperluan Cross Country, biasanya dikombinasi dengan menggunakan solusi berupa memperingan komponen-komponen penyusun lainnya seperti fork, velg ataupun crank. e) Tipe All Mountain (AM) seperti gambar 6, dirancang untuk lintas alam berat seperti naik turun bukit, masuk hutan, melintasi medan berbatu, dan menjelajah medan offroad jarak jauh. Keunggulan all mountain ada pada ketahanan dan kenyamanannya untuk dikendarai. Hampir semua sepeda AM bertipe full-suspension (suspensi depan dan belakang)

2.Tentukan Harga
Harga sepeda mountain bike sangatlah bervariasi,mulai seratus ribuan sampai ratusan juta,dan bila agan hobi dgan olahraga yg satu ini maka uang mnjadi sangat tidak terbatas,agan akan terus mengeluarkan uang untuk mendapatkan sepeda yang terbaik.Untk dapat mengontrol pengeluaran agan maka agan harus menentukan terlebih dahulu harga kisaran sepeda yang akan agan beli.

3.Komponen Penting(Untk yg mw ngrakit sndiri)
Sangat sulit untk membandingkan komponen2 sepeda mountain bike. Karena sangat bnyak kombinasi dari jenis2 tiap komponen. Kecuali sebagai bahan perbandingan adalah kisaran harga, biasanya mmang harga yg mahal di ikuti pula dg kualitas yang baik, karna itu tentukan juga kisaran harga yang mampu agan beli. Yang harus di perhatikan adalah bagian2 terpenting dari sepeda seperti fork, wheelset, frame dan front dan rear derailleur.

4.Cari informasi
Cari info dari teman,ato agan gabung ma komunitas MTB supaya agan tau klebihan dan kekurangan komponen ataupun MTB itu sndiri

5.Bengkel & Toko
Agan jg harus mncari toko & bengkel yg terpercaya,biar agan gak trtipu.

Sumber : KasKus