Tips memilih pisau dapur yang sesuai

25 Sep 2010
Memilih pisau untuk keperluan dapur memang gampang - gampang susah. Selain banyak sekali pilihannya, kadang kita juga bingung memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan nyaman ditangan saat digunakan. Ada beberapa hal yang diperhatikan dalam memilih pisau adalah :

1. Pilihlah bilah pisau dari bahan karbon atau stainless steel. Kandungan karbonnya membuat mata pisau tetap tajam, sedangkan bahan stainless steel tidak mudah berkarat dan mudah dibersihkan. Jangan memilih pisau yang mengandung baja, karena kandungan baja hanya akan membuat pisau mudah berkarat.

2. Apapun jenis pisau yang Anda beli pastikan dibubuhi tanda aman untuk semua jenis bahan makanan. Pastikan pula pisau Anda terbuat dari besi tempaan yang kuat dan dapat memotong
dengan baik.

3. Untuk mempertahankan ketajaman, pisau harus diasah. Cara mengasah pisau bisa dilakukan dengan cara tradisional yaitu dengan menggunakan batu khusus. Jika tidak terbiasa dengan cara ini lebih baik gunakan alat yang lebih modern atau bawa ke tukang asah pisau.

Jenis dan fungsi pisau yang perlu Anda ketahui adalah :

* Chef Knife. Panjang bilah pisau ini berukuran 8 cm sampai 10 cm. Merupakan pisau yang paling banyak digunakan. Ukurannya cukup besar untuk memotong daging dan mencincang bumbu. Jenis pisau ini biasanya memiliki pegangan yang nyaman ditangan sehingga aman pada saat digunakan.

* Paring Knife. Panjang bilah pisau ini antara 3 cm sampai 4 cm. Relatif pendek, tetapi sangat sempurna untuk mengupas bahkan memotong buah dan sayuran.

* Serrated Bread Knife. Dikenal juga sebagai pisau roti. Bagian yang tajam pada pisau ini bergerigi dengan panjang bilah antara 8 cm sampai 10 cm. Biasanya dibuat dari bahan stainless stell sehingga mudah dibersihkan dan tidak berkarat. Didesain seperti ini agar hasil potongan roti tidak rusak, terutama untuk roti dengan tekstur yang lembut dan masih segar

Sumber : KasKus