Tips untuk menangkal penyakit saat musim hujan

6 Okt 2010
Beberapa hari ini hujan mulai sering mengguyur. Bukan hanya banjir yang jadi bahaya jika musim penghujan tiba, tetapi juga berbagai penyakit yang menyertainya.

Berikut kami sampaikan beberapa tips untuk menghindari sakit bawaan musim penghujan:

Mencegah Flu

-Cuci Tangan
Sebagian virus flu menyebar lewat kontak langsung, jadi usahakan untuk mencuci tangan sesering mungkin pakai sabun dan kalau bisa dengan air hangat.

- Jangan Menyentuh Muka
Biasanya virus flu masuk ke tubuh lewat mata, hidung atau mulut. Jadi usahakan jangan terlalu
sering menyentuh bagian muka.

- Konsumsi Makanan Mengandung Phytochemical
Phytochemical adalah bahan kimia alami yang ada pada tumbuhan yang memberi vitamin pada makanan. Zat jenis ini terdapat pada buah dan sayur segar berwarna hijau, merah dan kuning gelap, jadi usahakan memperbanyak konsumsi makanan jenis ini.

-Minum Banyak Air
Air berfungsi mengangkat racun-racun yang ada dalam tubuh. Orang dewasa butuh delapan gelas air dalam sehari. Usahakan untuk banyak minum air putih, untuk mengangkat racun-racun dalam tubuh.


Mencegah Demam Berdarah
-Rajin-rajinlah membersihkan selokan, bak-bak air tadah hujan dan menyiangi kebun untuk menghidari nyamuk berkembang biak.

-Usir nyamuk dengan obat nyamuk sebelum berangkat tidur, atau Anda bisa menggunakan obat nyamuk gosok.

Cegah Diare:
-Saat hujan turun tiap hari, selokan-selokan yang tersumbat biasanya meluap, dan membawa parasit cacing serta amoeba turut terangkat. Untuk mencegah diare biasakan untuk menjaga kebersihan, biasakan cuci tangan dan kaki setelah berpergian.

-Kenakan alas kaki untuk mencegah penyebaran kotoran atau parasit masuk lewat kulit.

-Cuci tangan sebelum makan.

-Hindari membeli makanan di sembarang tempat.

Pertolongan pertama pada diare:

10 butir Norit segera setelah BAB.

Jika diare berlanjut segera kunjungi dokter, karena mungkin diperlukan pemberian antibiotika seperti Metronidazole, obat anti spasma usus, dan cairan elektrolit.

Sumber : KasKus