7 Tips Agar Anak Tidak Tidur Mendengkur

22 Nov 2010
www.sebuahtips.info > Apakah Anda lelah karena terbangun di tengah malam akibat suara dengkuran yang keras? Nah, bagi Anda yang memiliki masalah ini, saya ingin memberikan beberapa saran untuk mencegah atau menghentikan dengkuran Anda. Bagi mereka yang mengalami penderitaan di malam hari karena kurang tidur akibat suara dengkuran pasangan Anda, saya turut prihatin atas kondisi Anda. Berikut adalah 7 tips untuk menghentikan dengkuran:

1. Kontrol Lidah Anda
Lidah Anda adalah alasan kenapa Anda mendengkur di malam hari. Latihlah diri Anda untuk mempertahankan lidah tetap di bawah dan bukannya memutarnya di langit-langit mulut karena hal tersebut dapat membantu Anda untuk tidak mendengkur di malam hari. Berlatihlah untuk membuat lidah Anda tetap berada dalam satu posisi sepanjang malam. Para dokter juga memiliki penekan lidah yang dapat membantu untuk menahan lidah Anda tetap di tempatnya.

2. Operasi
Jika Anda ingin berhenti mendengkur secara total, Anda perlu mempertimbangkan untuk mendatangi dokter dan melakukan operasi. Operasi ini akan membantu menjaga lidah agar tidak bergetar di tenggorokan yang menyebabkan Anda mendengkur sepanjang malam. Ada beberapa jenis operasi dengkuran yang dapat Anda tanyakan pada dokter Anda, tapi biasanya melibatkan operasi besar.

3. Balsem
Saya sering menggunakan ini untuk suami saya dan ternyata cukup efektif. Balsem membantu asupan udara masuk dan juga keluar. Di toko Anda juga dapat membeli strip nafas yang mengandung balsem di dalamnya dan dapat membantu untuk bernafas lebih mudah di malam hari.

4. Hindari Susu
Setiap produk susu dapat meningkatkan kemungkinan untuk mendengkur, karena menyebabkan sumbatan di tenggorokan. Anda akan menemukan bahwa dengan meminum air sebelum tidur dapat membantu tenggorokan bersih dari masalah ini.

5. Obat Mendengkur
Obat mendengkur yang Anda peroleh di counter-counter obat baik dalam bentuk yang bisa Anda hirup maupun semprot di mulut bagian belakang Anda dapat membantu untuk mengurangi maupun menghilangkan dengkuran. Alat semprot ini akan memastikan bagian belakang tenggorokan berfungsi dengan benar dan membebaskan Anda dari dengkuran.

6. Strips Dengkur
Strip mendengkur bekerja sebagai cara yang baik untuk bernafas dengan lebih baik melalui hidung dan membuat hidung terasa nyaman. Anda perlu memperhatikan agar mendapatkan ukuran yang tepat bagi hidung Anda, karena jika ukurannya tidak pas strip tersebut dapat terlepas di malam hari dan Anda pun akan kembali mendengkur.

7. Tidur Menyamping
Anda akan memiliki aliran udara yang masuk dan keluar dari paru-paru lebih baik jika Anda tidur menyamping. Anda juga dapat meletakkan bantal di antara kaki Anda untuk menjaga agar tulang punggung tetap lurus dan tidak bengkok. Punggung yang lurus dapat membantu agar udara mengalir dengan benar.

Mendengkur seringkali menjadi masalah utama bagi sebagian besar pasangan yang sudah menikah. Beberapa pria bahkan wanita mendengkur di malam hari. Sangat sulit bagi Anda untuk tidur di malam hari jika pasangan Anda mendengkur. Anda dapat mengenakan penutup telinga jika ternyata salah satu solusi di atas tidak mempan mengatasi masalah mendengkur Anda. Bagaimana dengan suami atau istri Anda?

Source : allwomenstalk