Tips menanangani korban setrum

22 Nov 2010
www.sebuahtips.info > Efek yang ditimbulkan oleh sengatan listrik ke tubuh manusia adalah kejang otot, nafas berhenti, denyut jantung tidak teratur, luka bakar tingkat tiga, sampai hal yang terburuk yaitu kematian. berikut ada beberapa tips menangani korban kesetrum, mungkin anda dapat membantu menyelamatkan nyawanya, atau jika anda yang tersengat berdoalah ada seseorang didekat anda dan orang tersebut membaca artikel ini

* Jika tubuh korban masih kontak dengan arus listrik, jangan menyentuhnya dengan tangan telanjang! bisa-bisa anda menjadi korban juga, segera matikan sumber listrik atau memotong kabelnya, jika tidak berhasil segera tendang saja tubuh korban dengan sol sepatu anda.

* Segera Bertindak, Jangan panik dan bengong, segera periksa tubuh korban. pastikan sumber listrik sudah tidak menempel di tubuh korban, rebahkan tubuh korban hingga terlentang dan angkat dagunya, minta orang lain segera menelepon ambulan.

* Lihat dan dengar nafasnya, jika korban dalam keadaan tidak bernafas, segera beri nafas bantuan (semoga anda mengingat pelajaran sewaktu mengikuti pramuka dahulu). bila lupa? coba tekan hidungnya dengan jari anda dan tiupkan udara ke dalam mulutnya dua kali hingga dadanya mengembang. kemudian periksa denyut nadi di lehernya, jika dalam waktu 5 detik tidak ada tanda-tanda, tekan dadanya sebanyak 5 kali dengan kedua telapak tangan anda (telapak tangan kiri berada di atas dada dan tangan kanan berada di atas punggung tangan kiri, posisi tangan anda berada satu garis dengan putingnya) periksa lagi denyut nadinya, jita tetap tidak ada, ulangi dari awal.

* Jika ada luka terbuka di tubuh korban akibat sengatan listrik, segera tutupi dengan benda yang tidak menghantarkan panas spt kain atau perban.

Sumber kompas