Tips Memasak Dengan Menggunakan Kecap

24 Nov 2010
www.sebuahtips.info > , JAKARTA  - Orang Indonesia biasanya sangat akrab dengan kecap. Terasa hambar tanpa membubuhkan penyedap asal kedelai hitam ini. Namun tak jarang hasil masakan pun jadi keras. Nah bagaimana caranya agar ini tidak terjadi?

Koki terkenal Edwin Lau menjelaskan bagaimana memasak dengan kecap tanpa harus membuat keras masakan tersebut. Biasanya makanan yang dibuat menggunakan kecap biasanya harus kecap khusus untuk masakan yang berbeda.

"Kalau kecap banyak molekul protein dan gula. Kita masak gula , harus dengan suhu tinggi. Karena kalau masaknya sebentar dagingnya akan keras. Gula dan protein akan cepat meresap ke masakan lebih cepat kalau masak dalam suhu panas, sehingga tidak membeku jadi karamel dalam masakan,"jelas Edwin Lau, di acara peluncuran Black Gold ABC, di Rumah Maroko, Menteng, Rabu (24/11/2010).

Selain menggunakan teknik suhu panas, Edwin Lau juga menjelaskan bagaimana caranya membuat bumbu meresap di dalam masakan.

"Salah satu teknik yang digunakan oleh para koki saat ini biasanya masakan harus di marinated. Kita merendam masakan dengan bumbu itu sendiri. Biasanya ada bumbu khusus marinate. Teknik marinate itu kita diamkan semalaman masakannya dengan bumbu agar terasa bumbunya.

Penulis: adiatmaputra_fajar
Editor: anita_k_wardhani

Sumber : Tribunnews