Tips membangun jiwa leadership atau kepemimpinan

28 Feb 2011
SebuahTipsKepemimpinan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Marzuki Alie boleh menjadi satu contoh bagi para remaja. Di tengah diskusi bersama para Blogger Kompasiana, Marzuki berbagi tips mengenai kepemimpinan (leadership).

Politikus Partai Demokrat ini menegaskan bahwa leadership bisa dipelajari. Untuk membangun leadership, harus dimulai dari dalam diri remaja itu sendiri.

"Kepemimpinan itu bisa dipelajari dan juga bisa orang yang punya bakat turunan. Tapi belum tentu yang bakat turunan bisa mengembangkan kalau tidak dipelajari dan dikembangkan," jelasnya, di Jakarta, Sabtu (26/2/2011).

Pertama-tama, menurut Marzuki, mari leadership terhadap diri sendiri. Mengendalikan diri sendiri menjadi kunci sukses seseorang bisa sukses pula memimpin dan mengendalikan orang dan kelompok. "Kendalikan diri kita, baru orang lain," ujar Marzuki.

Berikutnya, lanjut Marzuki, belajarlah mengendalikan pemikiran-pemikiran. Karena pemikiran yang terkendali dengan baik akan mendukung untuk menjadi seorang pemimpin.

"Bagaimana mampu memimpin bila kita tidak mampu mengendalikan diri kita dengan pemikiran-pemikiran yang baik? Kalau kita mampu, pada saatnya kita nanti juga akan mampu memimpin orang lain," jelasnya.

Tak lupa, Marzuki juga memberi pesan agar jangan pernah main tunjuk menyalahkan orang lain. "Jangan pernah menyalahkan, tapi mari kita bangun bangsa ini dengan pemimpin-pemimpin yang baik," paparnya.(*)
Sumber: TribunNews