Tips menanamkan Jiwa Wirausaha Sejak Dini

27 Feb 2011

SebuahTips - Kreativitas berwirausaha ternyata bisa ditanamkan sejak dini. Seperti halnya yang dilakukan oleh mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Ia mengaku, mental menjadi pengusaha sudah dimilikinya sejak ia masih duduk di bangku sekolah.
JK pun menularkan ilmunya kepada ratusan murid Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar agar mereka bisa mengikuti jejaknya kelak.
Uraian JK yang disampaikan dengan lugas dan santai mendapat sambutan hangat dari anak-anak tersebut. Berebutan mereka bertanya kepada JK, termasuk tips
menjadi pengusaha.
"Kenapa Pak JK milih jadi pengusaha Pak?" tanya salah satu murid TK yang maju ke atas panggung saat Grand Launching Buku Seri, "Yuk Belajar dari Pak JK!", di Istana Anak-Anak, TMII, Sabtu 26 Februari 2011
JK pun menjawab, "Dengan menjadi pengusaha Bapak dapat terus belajar sambil mengembangkan kreativitas."

Selain itu lanjut JK, menjadi pengusaha juga dapat membantu banyak orang, termasuk juga memberikan lapangan pekerjaan untuk orang lain.

"Tipsnya apa Pak?" tanya seorang murid SD tidak mau kalah.

Pria berusia 68 tahun ini dengan gaya khasnya menjelaskan, menjadi pengusaha haruslah memiliki mental yang baik,  cerdas dan kreatif,  rajin bangun pagi, memiliki semangat, pandai menguasai masalah, memiliki jiwa pantang mundur dan percaya diri.

"Dalam suatu negara itu harus ada pengusahanya. Saya mulai membuka usaha setelah jadi mahasiswa. Mulai buka toko-toko. Dan jadi pengusaha itu bisa dimulai dengan berdagang," kata JK menerangkan.

Menurut JK ,anak-anak pun juga bisa belajar menjadi pengusaha sejak dini. "Tipsnya, kalian bisa mulai bawa kue-kue ke sekolah atau buku tulis atau bisa juga pernik-pernik yang bisa dijual pada teman-teman sekolah," katanya.

Menurut JK, seorang pengusaha akan selalu berhadapan dengan banyak kesempatan. Namun, pengusaha tersebut harus pandai memilih, mana di antara banyak kesempatan tersebut yang menguntungkan.
Siap berwirausaha?
(umi)
Sumber: VivaNews