Like Sebuah Tips di Facebook untuk selalu mendapatkan Tips - Tips Menarik lainnya setiap Hari dari Kami langsung di Wall Facebook anda

TIPS: Hilangkan bau di sepatu

25 Juni 2011
TIPS: Hilangkan bau di sepatu
Sebuah Tips - Aroma tidak sedap dari sepatu bisa terjadi karena keringat dari kaki, sehingga meninggalkan bakteri di sepatu. Sepatu yang basah dan tidak dikeringkan juga menjadi penyebab timbulnya aroma menyengat pada sepatu.

Nah, agar sepatu tidak berbau, ikuti beberapa tips berikut ini seperti dilansir dari eHow.

1. Bersihkan sepatu secara rutin
Untuk sepatu olahraga, cucilah sepatu menggunakan deterjen, dua minggu sekali. Sikatlah bagian bawah sepatu untuk menghilangkan kotoran dan tanah yang menempel.

Namun, ada juga bahan-bahan sepatu yang tidak perlu dicuci, seperti bahan kulit dan suede. Untuk bahan tersebut, cukup bersihkan dengan lap basah, sampai ke dalam ruang sepatu. Untuk bagian sol, sikatlah dengan sikat gigi yang telah dicelupkan ke dalam air deterjen.

2. Angin-anginkan
Setelah membersihkan sepatu, jangan langsung memasukkannya ke dalam kotak. Anging-anginkanlah sepatu di teras rumah, namun jangan langsung menjemurnya di bawah matahari, karena warnanya bisa memudar dan kulit sepatu bisa terkelupas.

3. Taburkan baking soda
Setelah diangin-anginkan, taburkan sepatu dengan baking soda, sampai ke dalam ruang sepatu. Diamkan semalaman, agar aroma dan bakteri dalam sepatu terserap oleh baking soda. Keesokan harinya, keluarkan baking soda.

4. Semprot dengan disinfektan sepatu
Disinfektan sepatu atau pengharum sepatu bisa dibeli di supermarket. Selain dapat membunuh bakteri, disinfektan dapat mengharumkan sepatu.

5. Gunakan bedak kaki
Sebelum menggunakan sepatu gunakanlah bedak yang dirancang khusus untuk kaki. Fungsinya untuk menyerap keringat pada kaki yang menjadi sumber aroma tidak sedap dari sepatu.