9 Tips Cara Menggunakan Smartphone saat Travelling/Perjalanan

19 Jan 2013
9 Tips Cara Menggunakan Smartphone saat Travelling/Perjalanan
Smartphone Google Maps (dailysocial.net)
Sebuah Tips - Dewasa ini penggunaan smartphone saat traveling sudah menjadi lumrah, malah justru rasanya kurang lengkap kalau tidak membawa smartphone ketika jalan-jalan. Lalu bagaimana caranya agar smartphone ini bisa membantu atau menjadi teman setia yang bisa digunakan secara maksimal untuk kegiatan travelling?

Ini beberapa tips yang bisa jadi pilihan. Tips kali ini lebih berfokus atas bagaimana memaksimalkan penggunaan smartphone ketika travelling.

1. Persiapkan perlengkapan

Baterai, charger atau power bank adalah beberapa perlengkapan yang tidak boleh ditinggalkan ketika akan berpergian. Cek ulang kelengkapan peralatan smartphone Anda. Siapkan juga perlengkapan tambahan jika diperlukan seperti colokan khusus, colokan tambahan, atau perlengkapan lain yang diperlukan.<

Jika berpergian ke luar negeri, ada beberapa negara atau area tertentu yang memiliki model colokan listrik yang berbeda dengan negara kita. Anda bisa melakuakn survei terlebih dahulu atas perlengkapan apa yang harus Anda bawa sebelum melakukan perjalanan.

2. Persiapakan baterai

Salah satu hal pokok yang tidak boleh dilupakan adalah isi baterai secara penuh sebelum berangkat travelling. Jangan lupa perlengkapan seperti charger, colokan listrik khusus. Bawa juga power bank sebagai sumber listrik darurat jika smartphone sudah mulai kehabisan baterai.

2. Buat estimasi perjalanan untuk penggunaan baterai

Estimasikan perjalanan Anda dan buatlah pengaturan atau jadwal penggunaan smartphone sesuai dengan jarak tempuh. Hal ini berguna jika Anda hobi fotografi dengan menggunakan smartphone. Atur pula mana objek yang benar-benar ingin Anda foto mana yang tidak, jangan sampai ketika Anda ingin mengabadikan foto yang sudah Anda incar sebelumnya, beterai Anda habis.

3. Atur jaringan seluler

Ada kalanya sinyal di daerah atau area tertentu tidak terlalu bagus, penyesuaian sinyal ini tentunya akan menguras baterai. Atur jaringan seluler ini secara baik, jika memang memungkinkan matikan jaringan di daerah yang sinyalnya paling buruk, nyalakan lagi ketika daerah sudah diprediksikan memiliki jaringan yang lebih baik. Anda bisa mematikan sinyal selama perjalanan, namun saran ini kurang baik bagi Anda yang masih membutuhkan untuk dihubungi orang lain.

Gunakan ponsel cadangan dengan nomor lain yang lebih tahan dari sisi baterai. Ini memungkinkan Anda untuk mematikan jaringan seluler untuk smartphone Anda dan menyediakan nomor lain jika ada yang ingin menghubungi Anda.

4. Gunakan aplikasi seperlunya

Membuka timeline Twitter atau meng-update status di Facebook serta Path saat perjalanan memang mengasikkan. Apalagi jika Anda pengguna Foursquare yang akan melakukan chek-in disetiap lokasi yang Anda datangi. Namun penggunaan aplikasi juga harus diatur agar Anda tidak kehabisan baterai ketika melakukan perjalanan.

Buka jejaring sosial secara berkala dan hanya membagikan konten yang memang benar-benar menarik. Foto yang Anda ambil bisa dibagikan sebagian dan sebagian lagi nanti ketika Anda telah sampai di tujuan atau tempat yang menyediakan listrik.

Game juga menjadi teman yang menarik untuk melewati perjalanan. Namun Anda tetap harus mengaturnya, pengaturan bisa dilaukan berdasarka jauhnya perjalanan Anda. Jika tidak terlalu jauh bisa saja Anda main game sepuasnya dan menyisakan sedikit baterai sebelum mengisi kembali, namun jika perjalanan jauh, Anda mungkin harus menunda memainkan game favorit Anda.

5. Berpergian ke luar negeri

Selain perlengkapan yang berhubungan dengan baterai, jika Anda berpergian keluar negeri yang harus dipersiapkan adalah kartu telepon. Apakah Anda akan mengganti kartu Anda dan menggunakan kartu lokal atau tetap menggunakan kartu bawaan. Survei kartu apa yang paling baik sinyalnya di negara yang akan Anda datangi beserta paket internet apa yang paling murah dan relevan.

6. Temukan hotspot atau jaringan internet gratis

Smartphone lekat penggunaannya dengan internet. Jika Anda ingin menghemat data atau pulsa Anda, mulai survei dan temukan lokasi hotspot di tujuan travelling Anda. Hotel, tempat makan atau lokasi lainnya bisa saja menyediakan internet gratis yang bisa Anda gunakan untuk mengakses aplikasi, jejaring sosial dan layanan internet lain.

7. Aplikasi penting

Siapkan aplikasi penting yang akan membantu Anda untuk melakukan travelling. Selain aplikasi jejaring sosial atau alikasi fotografi, Anda juga mungkin akan membutuhkan aplikasi peta, aplikasi cuaca serta beberapa aplikasi lain. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu perjalanan adalah BimaTri. Aplikasi ini akan membantu Anda untuk menjadi asisten digital agar Anda tidak kelupaan mengisi kuota internet Anda.

8. Cek memori smartphone Anda

Jangan lupa untuk mengosongkan atau memindahkan file yang kurang dibutuhkan sebelum Anda berpergian. Foto atau video pasti akan banyak disimpan selama perjalanan. Jangan sampai ketika ingin mengambil foto maka memori smartphone Anda habis. Ketika sampai hotel atau lokasi tujuan, Anda bisa memindahkan file yang kurang dibutuhkan ke laptop Anda (jika membawa) untuk menghindari penuhnya memori smartphone.

Jika Anda memang hobi fotografi dengan menggunakan smartphone, jangan lupa untuk selalu melakukan cek ruang memori smartphone And, ini dilakukan sebagai proses prediksi, berapa foto lagi yang bisa Anda ambil dan berapa yang harus dipindahkan.

9. Gunakan power bank secara cedas

Power bank memang digunakan untuk mengisi baterai ketika sudah mulai menipis atau hampir habis, namun sebaiknya penggunaan power bank ini juga digunakan secara cerdas. Prediksikan kapan Anda bisa mengisi ulang power bank, sehingga Anda bisa maksimal menggunakannya. Hal yang harus dihindari adalah ketika membutuhkan untuk isi baterai, power bank Anda pun sudah habis karena pengaturan penggunaannya kurang maksimal.



Salah satu inti dari penggunaan smartphone saat travelling adalah perencanaan. Terutama untuk perjalanan jauh dimana bisa jadi tidak akan ada tempat untuk mengisi baterai, atau sinyal yang kurang baik. Termasuk perencanaan atas apa saja kegiatan yang ingin dilakukan dengan smartphone ketika melakukan perjalanan, jangan sampai asik mengakses internet lalu lupa kuota Anda habis, atau asik membuka timeline Twitter lalu baterai Anda habis. (trenologi.com)