Inilah Tips Cara Pemanasan singkat Sebelum Bersepeda

29 Mar 2013
Inilah Tips Cara Pemanasan singkat Sebelum Bersepeda
Ilustrasi (iklimkarbon.com)
Sebuah Tips - Mengayuh Sepeda, baik sepeda stasioner atau sepeda biasa, adalah bagian dari latihan kardiovaskular yang efektif. Selain ‘melatih’ jantung, paru-paru dan sistem peredaran darah, menyebabkan ‘pergerakan aktif’ dari sebagian besar pada banyak otot tubuh Anda.

Bersepeda dengan cara Sprint dinyatakan memiliki pengaruh lebih besar dalam membangun otot tubuh, dibandingkan dengan bersepeda endurance. Terlepas dari jenis bersepeda (sprint atau endurance) anda lakukan, otot-otot yang bekerja saat Anda mengayuh pedal sepeda adalah sama.

Otot Otot-otot pinggul
Otot-otot di bagian belakang pinggul Anda, khususnya Anda atau otot gluteus maximus pantat, pinggul memperpanjang ke drive kaki Anda ke bawah. Paha belakang, terdiri dari bisep femoris, semimembranosus dan semitendinosis dan terletak di bagian belakang paha Anda juga berkontribusi terhadap perluasan pinggul Anda.

Paha belakang juga bekerja untuk menarik pedal ke belakang di bagian bawah downstroke sementara illiopsoas atau otot fleksor pinggul tarik kaki Anda kembali. Otot-otot paha bagian dalam dan luar, masing-masing, bekerja untuk menjaga pinggul Anda selaras dan mencegah lutut Anda dari bergulir dalam atau di luar pedal.

Otot-otot Lutut
Otot-otot sekitar lutut Anda cenderung menjadi bagian yang Anda rasa paling bekerja ketika Anda naik sepeda. Paha depan, rektus femoris terdiri dari, vastus midialis, vastus lateralis dan vastus intermedius, kontraksi kuat lutut Anda saat Anda mendorong ke bawah pedal. Paha belakang, yang lintas baik pinggul dan sendi lutut, mengambil alih dari paha depan Anda untuk menyelesaikan balik kayuhan Anda.

Otot-otot Pergelangan Kaki
Pergelangan kaki Anda memainkan bagian penting dalam menularkan gaya yang dihasilkan oleh yang otot-otot kaki bagian atas Anda ke pedal sepeda. Otot-otot gastrocnemius dan soleus betis Anda berperan menunjang pergelangan kaki yang kaku selama turun stroke yang sementara tibialis anterior otot atau tulang kering memegang pergelangan kaki Anda di tempat selama sampai stroke. Otot-otot ini juga aktif melenturkan selama aksi mengayuh dan membuat kontribusi yang kecil tapi penting untuk jumlah total kekuatan yang Anda dapat hasilkan saat bersepeda.

Otot-otot Lain
Meskipun bersepeda didominasi menggunakan otot-otot tubuh bagian bawah, ada beberapa otot tubuh bagian atas yang juga terlibat dalam ketika bersepeda. Otot punggung bawah–secara kolektif disebut spinae –bekerja bersama dengan abdominus rektus lateral atau abs, terus tulang belakang Anda. Otot yang luas di atas Anda kembali, latissimus dorsi, bekerja dengan bisep Anda dan trisep in arms Anda membantu

Anda menghasilkan lebih banyak kekuatan ketika Anda naik sepeda berdiri, seperti ketika naik bukit atau berlari. Meskipun otot bagian atas tidak bekerja sekeras kaki Anda ketika Anda naik sepeda, tetap saja peran mereka penting menunjang Tubuh Anda sehat dan kuat secara keseluruhan.

Tips Pemanasan Singkat Sebelum Bersepeda 

ini kami kutip dari Bikyle.com, khusus bagi Sobat yang tidak memiliki waktu banyak untuk  melalukan pemanasan dengan aktivitas fisik sebelum bersepeda. Jika Anda tidak punya waktu yang tepat untuk pemanasan sebelum bersepeda, cobalah tiga langkah cepat pemanasan berikut.

Mandi air panas sebelum Anda bersepeda, melakukan jumping jack sedikit atau senam untuk mendapatkan aliran darah lebih merata di seluruh anggota badan, dan langkah ketiga, gosokkan minyak pijit pada beberapa anggota tubuh yang akan intens bergerak saat Anda bersepeda.

Kami belum tahu, apakah secara ilmiah Tips Pemanasan Singkat Sebelum Bersepeda ini sama efektifnya dengan pemanasan fisik yang biasa kita lakukan. Namun demikian kami rasa tidak ada salahnya kita coba. (b2w-indonesia/GIPSYPEMALANG)