Tips Cara mengatur Posisi Sadel Sepeda yang Tepat

28 Mar 2013
Tips Cara mengatur Posisi Sadel yang Tepat
Ilustrasi
Sebuah Tips - Posisi sadel sangat menentukan kenyamanan, efisiensi gowesan dan dapat menghindari cedera. Hal ini juga masih berkaitan erat dgn ketinggian seatpost yg pernah diposting sebelumnya.

Bagaimana posisi sadel yg tepat ? menurut saya lebih tergantung kepada gaya bersepeda setiap orang dan jenis sepedanya. Ada kala posisi sadel menunduk dan ada pula yg tampak mendongak, dan umumnya posisi sadel adalah datar. Pesepeda freestyle dan DH lebih cenderung posisi sadel rata s/d mendongak, karena posisi seatpost lebih rendah. Sedangkan pesepeda Road lebih cenderung posisi sadel rata s/d menunduk.

Pada dasarnya saat kita menggowes, posisi bokong tdk 100% menekan ke sadel, lebih terasa seakan setengah berdiri dan setengah duduk. Karena bila posisi menggowes 100% menekan ke sadel dapat mengakibatkan tekanan yg terus menerus pada bagian bokong dan bisa menimbulkan rasa sakit.

Posisi sadel juga berkaitan dgn postur tinggi/pendek seseorang dan jarak dengan handlebar. Sehingga pada saat memegang handlebar, dibuat posisi badan terasa lebih nyaman, tidak terlalu menunduk dan terlalu tegak, sehingga otot2 punggung tidak terbebani oleh karena posisi sadel dan handlebar yg tidak pas. (kaskus/Jakatawakalna)