7 Tips Cara Menciptakan Lingkungan Kerja yang Ramah Lingkungan

7 Apr 2013
7 Tips Cara Menciptakan Lingkungan Kerja yang Ramah Lingkungan

Sebuah Tips -  Beragam cara dilakukan untuk menggalakkan program Go Green. Gerakan mencintai lingkungan ini perlu juga Anda terapkan untuk menyelamatkan bumi dari kerusakan akibat pemanasan global. Jangan khawatir, karena Anda bisa melakukannya dengan mudah bahkan di tempat kerja sekalipun.

Anda tentu menghabiskan banyak waktu di tempat kerja. Untuk menjalankan gaya hidup ramah lingkungan di kantor merupakan salah satu bentuk kepedulian, cobalah lakukan beberapa langkah mudah berikut ini, Sumber

Matikan komputer saat tidak digunakan

Saat Anda hendak keluar untuk makan siang, hematlah energi komputer. Anda bisa memilih mode ‘sleep’ atau ‘hibernate’, yang bisa kembali Anda hidupkan kembali saat kembali ke meja kerja. Ini akan membantu menghemat energi. Jangan lupa pula untuk mematikan komputer dan mencabut kabel listrik saat Anda hendak pulang.

Dengarkan musik dengan earphone

Bila Anda gemar mendengarkan musik dari komputer, sebaiknya gunakanlah earphone agar lebih hemat energi daripada menggunakan speaker yang mengeluarkan suara lebih kencang. Namun, penggunaan earphone juga harus dengan waktu yang dibatasi. Karena penggunaan earphone yang terlalu lama dapat menumpuk bakteri di telinga. Jika Anda meninggalkan meja kerja, pastikan pula musik di komputer telah mati.

Hemat kertas dan tinta printer

Setiap kantor umumnya selalu menggunakan tinta printer untuk mencetak berbagai macam dokumen pekerjaan. Apabila tinta sudah habis, jangan lupa untuk membeli tinta dan toner yang didaur ulang. Sebelum mencetak, pastikan bahwa dokumen sudah sesuai agar Anda tidak mencetak ulang.

Bila hanya untuk keperluan internal kantor, gunakan saja kertas bekas untuk keperluan fotokopi, amplop bekas, dan pakailah potongan-potongan kertas sebagai pengganti note. Bila Anda berniat untuk memberikan pengumuman kepada karyawan lain, sebaiknya manfaatkanlah email kantor daripada harus mengkopi berlembar-lembar kertas pengumuman untuk dibagikan satu per satu.

Matikan listrik

Jangan lupa untuk mematikan listrik di ruangan-ruangan tertentu yang tidak selalu digunakan, misalnya gudang, kamar mandi, dan pantry. Bila ruangan kerja Anda memiliki jendela yang cukup besar, Anda bisa memanfaatkan pantulan sinar matahari dari jendela kaca sebagai sumber penerangan.

Atur temperatur ruangan

Tujuan dari Air Conditioning (AC) adalah untuk menjaga suhu ruangan agar tetap kondusif untuk bekerja, namun tidak sedikit karyawan yang harus mengenakan jaket di dalam ruangan ber-AC. Semakin rendah suhu ruangan, maka semakin besar energi yang akan dibutuhkan. Jadi, aturlah suhu ruangan agar sesuai dengan kenyamanan kerja Anda.

Sediakan tanaman

Cobalah untuk menyediakan tanaman atau bunga di pot di sekitar ruang kerja. Saat tumbuh karena disiram dan dirawat secara rutin, tanaman tersebut pun dapat memberikan oksigen bagi Anda dan ruangan kerja.

Gunakan sepeda


Tidak ada salahnya berjalan kaki atau menggunakan sepeda saat ke kantor bila jarak dari rumah cukup dekat. Bila memang harus menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan Anda hemat bahan bakar minyak (BBM) dan minim polusi. Selain itu, kendaraan yang terawat juga dapat menghemat BBM.

Dengan mewujudkan gaya hidup yang ramah lingkungan, Anda pun memberikan dampak yang baik bagi pelestarian alam. (kaskus/rifkisajid)