5 Tips Cara memulai Kebiasaan Digital Demi Lingkungan

7 Apr 2013
5 Tips Cara memulai Kebiasaan Digital Demi Lingkungan

Sebuah Tips - Perkembangan teknologi yang semakin maju dari jaman ke jaman, juga bisa membantu kita untuk semakin ramah dengan lingkungan di sekitar kita. Penggunaan softcopy sebagai pengganti kertas-kertas, secara langsung ataupun tidak langsung, bisa membantu kita untuk mencegah kerusakan lingkungan yang lebih parah dari saat ini.

Menurut situs The Economist, masyarakat Amerika rata-rata menggunakan kertas dengan jumlah yang cukup banyak. Bila dijumlahkan, rata-rata dari masing-masing orang di Amerika, telah menggunakan batang-batang pohon sebanyak 12,192 meter per tahun dalam bentuk penggunaan kertas.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga lingkungan dengan memanfaatkan teknologi yang telah digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Mengunduh manual produk dengan bentuk PDF

Telah banyak perusahaan-perusahaan yang berpindah haluan dan menggunakan buku-buku manual dalam bentuk PDF. Beberapa gadget dan produk-produk teknologi lainnya, seperti kamera digital, TV, sampai produk seperti furniture, telah menggunakan buku manual digital sebagai pengganti hardcopy.

Keuntungan lainnya dari pengunduhan buku manual digital dari website produk yang Anda beli, adalah penyimpanan yang lebih terorganisir. Anda akan lebih mudah untuk menemukan buku manual di dalam file folder ketimbang mengacak-acak lemari buku Anda.

Pindai seluruh dokumen Anda

Lakukan scanning atau pemindaian pada seluruh dokumen Anda. Jadikan seluruh kertas-kertas penting menjadi bentuk digital. Selain ramah lingkungan, Anda akan mencegah dokumen-dokumen lama menjadi rusak ataupun hilang.

Bila Anda mempunyai mesin printer multi-fungsi, maka gunakan dan maksimalkan fungsi scanner yang terdapat di dalamnya. Namun, bila Anda bekerja dengan waktu yang padat dan beredarnya dokumen-dokumen yang cukup banyak, maka Anda bisa mengoptimalkan automatic document feeder.

Merasa tak cukup waktu untuk melakukan pemindaian dengan menggunakan scanner, maka Anda bisa memaksimalkan smartphone Anda. Salah satu aplikasi gratis yang sudah menyediakan fasilitas pemindaian untuk ponsel pintar, bernama “Lemon” dan “Key Ring” yang bisa digunakan untuk iOS, Windows Phone 7, BlackBerry, dan juga Android.

Cetak dokumen menggunakan PDF

Bila Anda ingin mencetak sesuatu yang menarik dari sebuah situs di Internet, Anda tidak perlu menghabiskan banyak kertas. Gunakanlah software PDF Printer yang telah banyak beredar dan dapat Anda temukan dengan mudah di internet.

Terlalu malas untuk mencari program tersebut? Google Chrome telah menyediakan fasilitas PDF Printer di salah satu menunya.

Maksimalkan virtual hard-drive

Dengan beralih ke kebiasaan paperless, maka komputer Anda akan dipenuhi dengan berbagai dokumen-dokumen dengan extensi “PDF”. Namun, Anda dapat memanfaatkan jasa cloud service yang telah banyak beredar di dunia internet. Salah satu keuntungan menyetorkan dokumen ke dalam hard-drive virtual tersebut adalah kemudahan Anda untuk mengaksesnya dengan mudah.

Beberapa penyedia jasa cloud service yang cukup dapat diandalkan adalah, Dropbox, SkyDrive, dan Box yang bisa membuat Anda mengakses dokumen digital dimana pun Anda berada.

Tanda tangan digital

Terbiasa menandatangani banyak dokumen hardcopy, kini Anda bisa mulai untuk mengganti kebiasaan tersebut dengan membubuhkannya pada tablet PC ataupun komputer desktop.

Namun harus diakui bahwa kita masih menemui kesulitan untuk memberikan tanda tangan pada dokumen-dokumen softcopy dalam bentuk PDF. Anda masih harus mencetaknya terlebih dahulu lalu memindainya kembali dan menyimpannya dalam salah satu folder, atau mengirimkannya lewat email.

Kesulitan tersebut rasanya akan sedikit berkurang. Telah banyak aplikasi yang bisa membuat Anda bisa menandatangani berbagai dokumen secara elektronik, tanpa harus mencetak secara hardcopy. Anda bisa menggunakan jari Anda ataupun menggunakan pena stylus. (kaskus/AntiKorupsi)