7 Tips Manajemen Waktu

20 Jun 2013
Sebuah Tips - Banyak diantara kita yang seringkali mengeluh kesulitan memanajemen waktu. Mungkin karena begitu banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Atau juga mungkin disebabkan kurang disiplin, banyak menunda pekerjaan sehingga waktu terbuang percuma. Berikut ada 7 tips membentuk kebiasaan yang bisa mengefisienkan waktu :

7 Tips Manajemen Waktu

1. Buat jadwal kerja pasti. Misal pukul sekian memasak, pukul sekian mengantar anak, dst

2. Jika Anda tipe orang yang segar di malam hari, maka tundalah pekerjaan hingga sore atau malam. Namun jika Anda termasuk orang yang bugar di pagi hari, kerjakan semua pekerjaan sulit di pagi hari.

3. Sebelum memulai suatu pekerjaan, perkirakan dulu tingkat kesulitannya. Sehingga Anda dapat memperkirakan waktu menyelesaikannya. Usahakan menyelesaikan pekerjaan itu sesuai waktu yang telah Anda perkirakan

4. Segera siapkan peralatan yang Anda perlukan sebelum memulai tugas. Setelah selesai jangan bermalas atau mondar – mandir saja. Tapi bereskan segera peralatan Anda. Ini akan menghemat waktu Anda saat menbutuhkannya lagi lain waktu.

5. Kumpulkan pekerjaan yang sejenis. Misalnya : menulis surat, menelepon kolega dan klien. Buat daftar belanja Anda agar tidak perlu setiap kali pergi keluar hanya untuk membeli barang yang remeh.

6. Buat prioritas dan prosedur kerja untuk setiap tugas. Kerjakan pekerjaan mulai dari urutan yang paling mudah dan paling singkat waktunya

7. Buat komitmen pada jadwal dan target yang Anda buat sendiri. Paksa diri Anda jika merasa ogah – ogahan.
Waktu banyak dihamburkan karena kurangnya disiplin diri, tidak berani atau tidak bisa menolak sesuatu yang tidak begitu penting, memberi instruksi yang tidak jelas kepada orang lain dan bekerja dalam lingkungan yang tidak teratur. Efisienkan waktu Anda. Karena setiap detik yang berlalu takkan terulang lagi. (kaskus.co.id/hendriyulianto)