[Tips] Membersihkan Dan Mencegah Jamur Di Kaca Mobil

27 Jun 2013
Sebuah Tips - Salah satu musuh eksterior mobil yang patut Anda waspadai saat cuaca dingin dan lembab adalah jamur di kaca-kaca mobil. Kemunculan jamur tampak dengan adanya bintik-bintik atau lingkaran abu-abu di kaca. Selain mobil terlihat kurang bersih, jamur di kaca mobil juga mengganggu pemandangan dari dalam kabin ke luar, terutama saat waktu malam hari ketika ada sinar lampu kendaraan dari arah berlawanan. Hal ini tentunya akan membuat kenyamanan dan kemananan dalam berkendara menjadi berkurang.
 [Tips] Membersihkan Dan Mencegah Jamur Di Kaca Mobil

Cara mengatasinya cukup mudah, bila mendapati jamur di kaca mobil seperti ciri-ciri di atas dan tetap tidak bisa hilang meskipun sudah dibasuh dengan air dan digosok berkali-kali, ikuti saja langkah-langkah berikut ini :

1. Siapkan cairan pembersih jamur yang banyak dijual di toko aksesori kendaraan atau supermarket besar di kota Anda.

2. Cuci kaca mobil dengan air bersih, lalu keringkan dengan menggunakan lap atau kanebo.

3. Lumuri kaca secara rata dengan cairan pembersih jamur.

4. Gosok dengan kain kering bersih dan halus dengan arah memutar.

5. Lap lagi dengan kanebo basah sampai cairan penghilang jamur tidak tersisa di kaca, lalu keringkan kaca dengan kanebo.

6. Ulangi sampai 2 atau 3 kali untuk jamur yang membandel.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, jangan lumuri kaca secara keseluruhan. Lumurilah beberapa bagian dulu saja yang akan kita gosok. Hal ini untuk mencegah timbulnya efek buram (atau seperti pelangi ketika diterpa sinar) akibat pembersih jamur yang sudah mengering di kaca sebelum kita sempat menggosoknya.

Pilih cairan pembersih jamur yang aman dan tidak membuat kaca menjadi kusam atau malah tergores. Agar lebih aman, sebaiknya coba dahulu pada kaca yang ukurannya kecil, setelah dipoles lalu tunggu beberapa menit untuk melihat hasilnya.

Jika langkah-langkah tadi tetap tak membuahkan hasil, artinya jamur yang melekat pada kaca-kaca mobil Anda tergolong sangat bandel. Jenis ini tidak bisa kita selesaikan hanya dengan cairan pembersih jamur. Anda perlu membawa ke salon mobil. Mereka memiliki alat dan cairan khusus untuk menggosok kaca yang terkena jamur.

Jangan lupa, setelah kaca-kaca mobil bersih dari jamur, rawatlah agar jamur-jamur itu tidak muncul lagi. Cara mencegahnya pun sederhana. Pertama, segera bersihkan mobil setelah berkendara di bawah guyuran hujan agar debu atau kotoran tidak menempel lama di kaca-kaca mobil. Kedua, untuk kaca-kaca depan dan belakang, selalu jaga kondisi air washer agar dapat kita gunakan untuk membersihkan kaca-kaca. Hindari memakai car cover jika cuaca lembab. Jika tetap ingin menggunakannya, pastikan kaca dan car cover dalam keadaan kering sebelum kendaraan ditutupi. (kaskus.co.id/mobil88astra)