10 Tips sederhana hindari pemerkosaan

1 Jul 2013
Sebuah Tips - Tindak kejahatan seksual terhadap perempuan tidak pernah ada habisnya. Banyak lelaki hidung belang memanfaatkan kelemahan fisik wanita untuk melampiaskan nafsu syahwat.

10 Tips sederhana hindari pemerkosaan

Namun jangan khawatir. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghindari pemerkosaan. Berikut 10 tips sederhana untuk menghindari pemerkosaan:

1. Jangan terlalu sibuk bermain gadget

Jangan sekali-kali jogging dengan iPod karena orang yang menggunakan ipod biasanya tidak memperhatikan lingkungan sekitar. Sama halnya orang yang asyik dengan ponsel.

Sebaliknya, jika ada seseorang mengikutimu, lebih baik keluarkan ponsel dan berpura-pura berbicara dengan seseorang sebab akan membuat sadar pelaku yang hendak berbuat jahat. Dalam percakapan via telepon tersebut, Anda dapat keluarkan suara keras dan mengatakan di mana lokasi tempat rapat.

Jika mereka pikir anda berada dalam kondisi aman, maka pelaku akan mengurungkan niatnya.

2. Ikuti kata hati

Percaya atau tidak, kata hati atau insting bisa menyelamatkan diri dari tindak kejahatan yang akan dilakukan terhadap anda. Jika merasa tidak aman, segera pergi untuk mendapatkan bantuan.

Pakai insting dan naluri untuk bergerak cepat dan melawan. Sebab refleks gerak cepat adalah naluri alami.

3. Sadar akan lingkungan

Tempat parkir dan garasi adalah dua area yang paling sering jadi tempat pemerkosaan. Jika di tempat parkir ada seseorang mengikuti Anda, mulailah membuat kegaduhan dengan cara berbicara kepada diri sendiri dengan suara keras. Kemudian berbicara dengan orang imajiner, atau berpura-pura untuk berbicara di ponsel Anda. Tindakan tersebut akan menyurutkan orang yang akan berbuat jahat terhadap anda.

4. Gaya rambut

Ternyata gaya rambut ekor kuda dan rambut panjang merupakan kesukaan pelaku pemerkosaan. Karena dengan rambut panjang dan ekor kuda, pelaku sangat mudah untuk memperdaya korban. Jadi hindari gaya rambut seperti itu.

5. Pertimbangkan cara pakaian

Bukan seberapa menarik anda berpakaian, tetapi bagaimana cara berpakaian Anda agar penjahat berniat untuk melakukan pemerkosaan.

Rok panjang bahan tipis ini rentan menarik penjahat melakukan pemerkosaan. Hindari celana dan rok dengan bahan elastis, karena sangat mudah untuk dilepas.

Sebaliknya, pakailah celana panjang dan rok dengan pengikat di bagian belakang atau bagian samping. Karena bisa membuat sulit dilepas oleh pemerkosa. Kemudian, sabuk besar lebih aman untuk digunakan.

6. Berlagaklah seperti orang gila

Kalau merasa berada pada situasi tidak aman, lebih baik Anda teriak-teriak seperti orang gila. Hal ini lebih baik daripada tetap tenang atau diam sehingga mempermudah orang melakukan kejahatan pada anda.

7. Ambil kursus dasar pertahanan diri

Untuk menghindari pemerkosaan, lebih baik mengambil kursus dasar pertahanan diri. Program tersebut biasanya ada di kantor kepolisian. Oleh karena itu hubungi kantor polisi setempat.

8. Teriak sekeras-kerasnya

Biasanya teriak keras dapat mengganggu konsentrasi di pemerkosa. Melawanlah seperti kucing, dan berteriak keras dan kuat.

9. Hati-hati saat berada di klub malam

Praktik kejahatan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Tak terkecuali tempat klub malam. Untuk itu, mulai berhati-hatilah jika berada di klub malam dengan musik yang keras. Musik yang keras akan menghalangi orang-orang yang hendak membantu Anda saat meminta bantuan.

10. Bersikap tegas

Jika ada orang memberikan perhatian terlalu berlebihan yang Anda inginkan, segeralah bersikap tegas dengan cara memberitahu mereka bahwa sikap tersebut tidak Anda sukai. Tidak perlu bersikap sopan ketika seseorang membuat rayuan seksual yang tidak diinginkan.

Semoga bermanfaat,, (kaskus.co.id/pendex87)