== TIPS membuat CV yang bagus | yang baru lulus kudu baca ==

26 Jul 2013
== TIPS membuat CV yang bagus | yang baru lulus kudu baca ==

Sebuah Tips - Sedikit tips tentang cara membuat CV yang bagus (biar terlihat menarik dan peluang dipanggil interviewnya gede)

1. Sebelum membuat CV, pikirkan dan tuliskan dulu di kertas apa apa saja yang agan mau ketik di CV, biasanya klo sambil mikir dan sambil ngetik, banyak yang kelupaan, dan yang kelupaan itu justru yang penting padahal

2. Kalau pakai program macam word, rapihkan format tulisan agan, pakailah jenis huruf yang mudah dibaca, jangan terlalu banyak pakai tipe font yang berbeda. Maksimum 3 tipe font saja, 1 untuk header/footer, 2 untuk judul/sub judul yang di bold, 3 untuk isi cv. Mau pakai warna warna boleh, tapi jangan terlalu rame juga. Simpel aja.

3. Buat dengan urut2an sbb :
A. Data Pribadi berupa nama lengkap, alamat, tempat tanggal lahir, agama, dan jangan lupa email dan nomor telepon yg aktif.

B. Riwayat pendidikan, formal dan non formal. Klo macam kursus atau keterampilan yang tidak nyambung dengan lamaran pekerjaannya, bisa di taro di akhir aja, seperti misalnya klo agan anak band, hobi futsal, pelatih karate dll

C. Tuliskan riwayat pekerjaan/magang/praktek agan dengan selengkap2nya. Kadang buat fresh graduated, suka malu malu menceritakan dirinya. Caranya adalah dengan menuliskan pernah tugas akhir bikin apa, pernah magang dimana dan ngerjain apa, pernah praktek ngapain...Pede aja...walaupun gak penting2 banget tapi tetap tuliskan saja karena itu artinya kita menghargai hal hal yang kecil.

D. Tuliskan juga kursus/seminar yang pernah kita ikuti. Biar itu cuman seminar 4 jam, tuliskan saja.

4. Bikin email dengan username yang baik. Saya suka menerima email pelamar seperti anto.gitingk@mail.com, joni.punk@mail.com dsb. Pokoknya jangan sekali2 ngirim lamaran pakai email yang aneh2 gitu namanya. Bikin aja email dengan nama agan, misalnya tan.panama@yahuu.com

5. Pasang foto yang jelas dan bagus di CV agan. Sekarang jamannya foto gak mesti format pas foto dengan tampilan frontal dari depan doang. Agan mau comot foto dari fesbuk pun boleh, asal sendirian dan jelas wajahnya.

6. Terakhir, jangan pernah menuliskan kita siap bekerja jadi apa aja. Lebih baik agan menuliskan melamar jadi posisi A daripada nulis saya siap bekerja jadi apa saja di perusahaan bapak. Buat bagian HR, kesannya galau dan labil gitu... (kaskus.co.id/ahilmansz)