[SHARE] Tips Jualan Online Ala Gue.

26 Jul 2013
[SHARE] Tips Jualan Online Ala Gue.

Sebuah Tips - Nah..Gan, kenalin dulu, ane seorang marketing planner gitu gan kerjanya. Ane liat2 makin hari makin banyak orang yang jualan secara online, dan ane tertarik untuk berbagi tips buat para pengusaha kecil yang bergerak dalam lingkup internet ini gan. Secara, ane juga punya usaha kecil2an yang ane rintis sejak kuliah, tenang, ane gak lagi promosi. Ini untuk berbagi aja.

Menurut saya, orang2 Indonesia yang berjualan secara online itu umur jualan nya gak termasuk panjang. Dalam artian kalau dia serius, dia akan menjadi besar, dan kalau dia labil akibat persaingan yang ketat kayak sekarang ini, bisa jadi kurang dari setahun udah nyerah. Nah, ane mau berbagi supaya agan2 yang punya usaha gak kepikiran untuk gulung tikar. Apa aja tipsnya? Simak:

1. Jangan Malu Dengan Produk yang Dijual.
Penting banget untuk tidak malu. Karena kalau kita malu ya mubazir aja. Contoh: Agan laki2, ada kesempatan nih buat berjualan baju, tapi baju untuk cewe, agan malu, ya ilang deh kesempatan nya. Nah, ane dulu berjualan baju cewe, yang Korea2 gitu deh, ane jalanin 4 tahun selama kuliah, setelah kerja udah ga sempet. Awalnya ane malu, tapi ane mikir “Ini kan halal, kenapa malu?” Nah dari situ ane jalanin deh, sebulan keuntungan bersih nya bisa 1.5-3 juta. Gede buat mahasiswa jomblo saat itu. Apalagi ini usaha kecil.

2. Jangan Takut Untung (laba) Kecil.
Nah ini dia yang suka terjadi. Kita suka males ngejalanin sesuatu yang hasilnya ga besar. Padahal, segala sesuatu butuh proses. Kita ga langsung gede dari lahir kan? Ya ini juga sama. Gak semua barang yang kita jual menghasilkan untung gede. Katakan lah untung gede itu sekitar 20% dari modal. Dulu, gue sempet jualan keripik pedes. Modal nya itu 9500-15000 per bungkus. Rataan untung gue itu 500-1500. Tapi jangan salah, tiap pembeli bisa order 5 bungkus lebih. Artinya kualitas bisa ditutup oleh kuantitas.

3. Buat Faktor Pembeda.
Dulu waktu ane jualan keripik, secara ane tau jualan beginian untungnya gak gede dan pesaing banyak, ane akhirnya bikin sistem paket. Misal: Beli keripik A 10 bungkus, bonus 1 bungkus keripik B. Atau beli 5 bungkus keripik A dan 5 yang B, gratis ongkir/diskon 5000. Laen lagi waktu ane jualan baju, ane bikin: Beli sweater dan baju sepaket, harga bajunya dipotong 20%. Pernah lagi, selama bulan Ramadhan-lebaran selesai, ongkir gratis untuk Jabodetabek, kalo luar pulau pembelian minimal 7 potong, ongkir free.

4. Jangan Terpaku Dengan Satu Harga.
Ingat gan, agan jualan untuk mencari keuntungan. Agan tetap harus pintar saat jualan. Ane jualan barang elektronik, agan tau kan kalo barang elektronik itu harganya suka berubah tergantung harga Dollar. Disini trik nya adalah, jika si pembeli adalah orang yang agan gak kenal atau Cuma sekali lewat, agan bisa kasih harga lebih mahal sedikit, yang penting masih masuk akal juga sih. Tapi ingat, kalo ke orang kenal, ya jangan maruk.

5. Reseller ke Reseller.
Maksudnya apa nih? Ane kasih contoh aja deh. Dulu waktu ane jadi reseller baju, ane dapet harga dari distributor 50.000,-. Lalu ane bisa jual dengan keuntungan sekitar 15-20 Ribu. Tapia ne tau, kalo Cuma nunggu telpon bunyi gak akan efektif. Akhirnya ane cari reseller lagi, pasang iklan di website jual beli. Banyak respon yang mau jadi reseller ane, dan baju2 nya ane jual dengan harga 57-60 Ribu. Keuntungan ane dari reseller 7-10 Ribu. Lebih kecil? Iya, yang penting omset meledak, karna pembeli ane jadi banyak.

6. Buat Marketing Plan.
Marketing plan itu penting. Terutama buat yang serius jalanin usaha. Kenapa? Ibarat anda lagi bangun rumah. Agan2 butuh denah kan? Nah denah digunakan agar agan tau apa yang mesti dikerjakan, agar tidak nyasar. Sama dengan MKT Plan, ini denah usaha anda. Kemana dan apa yang akan anda kerjakan dalam 1 minggu, bulan depan, 6 bulan lagi. Tapi ingat, MKT plan itu fleksibel. Kalau di tengah jalan anda lihat kurang cocok dengan suasana pasar, bisa diubah2 sedikit.

Nah, yang ane mao bagi saat ini ya segini aja. Kalo agan2 ada pendapat atau tips lain, bagikan disini. Ane terbuka dengan saran dan kritik. Salam! (kaskus.co.id/vanberbatov)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar