Tips mencegah marah,emosi dan suntu saat ibadah puasa

14 Jul 2013
Tips mencegah marah,emosi dan suntu saat ibadah puasa

Sebuah Tips - Ibadah puasa merupakan ibadah yang wajib hukumnya bagi kaum muslim, akan tetapi pada masa menjalankan puasa banyak cobaan yang melanda terutama marah. Nah bagi anda yang mudah marah memerlukan energi batin yang besar untuk menahan marah pada waktu ramadhan.

Meskipun marah bukan termasuk hal yang membatalkan puasa, tetapi dapat mengurangi nilai ibadah puasa yang sedang anda jalankan. Hal ini dikarenakan, pengendalian diri merupakan nilai penting yang sangat ditekankan dalam melaksanakan ibadah puasa.

Bagaimana caranya agar kita tidak mudah marah ketika menjalankan ibadah puasa?

Perhatikan tips-tips berikut ini :

1. Kurangi porsi makan sahur anda,

Jika porsi makan dikurangi, otomatis tubuh kita menjadi lemas dan tak bertenaga. maka kitapun secara sengaja dapat mengurang energi tubuh dalam berpuasa

2. Jangan menggosok gigi setelah sahur,

Salah satu efek samping berpuasa adalah aroma nafas yang sangat “khas”. Dengan tidak menyikat gigi setelah sahur, diharapkan efek samping tersebut menjadi berlipat ganda. Ini supaya kita merasa segan kalau marah-marah.

3. Nonton Film lucu

Tertawa memang lawan dari marah, maka tertawalah salah satunya dengan menonton tv atau acara yang lucu.

4. Baca postingan kenthir

Dengan membaca tulisan humor, diharapkan amarah anda menjadi reda. Akan tetapi, sangat disarankan supaya anda tidak tertawa terbahak-bahak. Hal ini untuk menghindari “polusi aroma” yang dapat menyebabkan orang disekeliling anda terganggu.

Demikian tips yang saya berikan kepada anda agar anda dapat terhindara dari amarah syetan yang terkutuk, dan selamat mencoba dan semoga berhasil. Jika tidak bisa juga saya menganjurkan untuk pergi ke dokter syarap siapa tau saraf ketawa anda telah putus. (kaskus.co.id/om.okhi)