Tips merawat gitar akustik kesayangan

10 Jul 2013
Tips merawat gitar akustik kesayangan

Sebuah Tips - Punya gitar akustik kesayangan ??? kasihin aja ke museum sob biar dipajang disana pasti awet hehe :P. Merawat gitar ituu susah susah gampang sobb.
> Susah nya, karena gitar sensitif banget, apalagi gitar akustik. Debu dikit aja udah berpengaruh banyak terhadap perubahan karakter sound yang dihasilkan. Soalnya suara yang di hasilkan bagus ato gax nya itu selain dari senarnya juga dari kayunya juga.
> Gampang, cz sebenarnya dengan beberapa cara sederhana, gitar bisa terawat dengan baik.

Nah, buat Merawat Gitar akustik supaya tetep awet, dan suaranya tetep oke n ga' fals, ga mendem suaranya, coba deh dibaca dengan benar ( kaya guru aj y ngomongnya,,,hihihi)Tips-tips berikut itu saya dapet dari pengalaman saya, n hasil sharing temen-temen yang suka main gitar.
Nah ini tipsnya !!!!

1. Bersihin Senar
Bersihin senar secara rutin, paling engga yaaa seminggu sekali lahh. Kalo perlu pake cairan khusus pembersih senar/string cleaner, ada koq di toko yang jual. Intinya sih supaya senar ga cepet karat aja, dan menjaga karakter suaranya aja sobb.

2. Bersihin Gitar
Selain Senar, body, fretboard, dan bagian lainnya juga wajib bersih, kalo bisa mengkilap malah mantap he..tujuannya biar enak dilihat, juga menjaga kualitas gitar akustiknya. Biasanya klo gitar bersih, kita juga semangat buat maeninnya..bener ga?benerkan ,

3. Ganti Senar
Ganti senar kalo udah karat, jangan tunggu putus atau jelek. Karena pasti pengaruh ke suaranya, neck juga gampang melengkung soalnya pengaruh dari senar yg makin karat, trus tekanan senarnya makin kenceng juga..

4. Kendorin Senar
kalo gitarnya mau di"istirahatin" dalam waktu lama, disaranin senarnya dikendorin. Ini menjaga supaya neck gitar ga melengkung klo senar kekencengan. Tapi klo ditinggal kurang dari seminggu gapapa g usah di kendorin senarnya

5. Letakkan Gitar Dengan Benar
Posi terbaik adalah ditelentangkan, dengan posisi senar bebas tidak menyentuh permukaan apapun. Gitar akustik mending ditaruh ke penyangganya aja jangan digantung. klo digantung takutnya setelan nya berubah.

6. Ganti Satu Set
Usaha'in kalo ganti senar jangan satu-satu, meskipun yang putus satu, langsung aja semua diganti. Maksud nya biar karakter suara tiap senar seragam. Tapi klo emang lagi "kanker"(kantong kering sobb hehe), ya usaha'in senar yang di beli sama tipenya dengan senar yg terpasang di gitarnya.

7. Jangan Dibanting
Sayangilah gitar kita(iialah satu-satunya gtu..he..)
kalo mau ditaro, cobadeh dengan penuh kasih saying, ati2 juga biar g retak bodynya, soalnya bodynya itu sangat tipis bahan kayunya

8. jangan menempelkan stiker
Jangan terlalu bnyak menempelkan stiker, ini bisa mengurangi laju suara n klo dilepas akan ada warna suara yang anehh. So, hindarilah kebiasaan menempelkan stiker.

sekian tips dari saya,teman. Gampangkann nglakuin nya, asal jangan males aja yaa
semoga bermanfaat sobb ^^ (kaskus.co.id/alken24)