7 Tips Memelihara dan Merawat Kucing Persia

10 Jul 2013
7 Tips Memelihara dan Merawat Kucing Persia

Sebuah Tips - Kucing persia memang merupakan salah satu hewan peliharaan yang banyak diminati orang walaupun memiliki harga yang tidak dapat dibilang murah. Dengan harganya yang tidak murah, maka jika perawatan dan pemeliharaannya tidak baik sudah tentu kucing persia yang kita miliki tidak akan tumbuh sehat dan tidak dapat menjadi hewan peliharaan yang lucu dan menarik lagi.
Merawat dan Memelihara Kucing Persia

Walaupun kucing persia memiliki harga yang dapat dikatakan mahal, tetapi agan tidak perlu khawatir karena perawatan dan pemeliharaan kucing ini terbilang dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan tentunya tidak mahal. Berikut inagurasi akan berbagi seputar tips memelihara dan merawat kucing persia.

1. Sikat atau Sisir Kucing Persia Setiap Hari
Dikarenakan memiliki bulu yang lebat dan panjang, kucing persia harus senantiasa disisir dengan sisir logam minimal sehari dua kali. Hal ini dimaksudkan agar bulu kucing persia tidak kusut dan tetap bersih berkilau.

2. Seka Bulu Kucing dengan Tisu Bayi
Jika agan memiliki kesibukan yang cukup padat dan tidak sempat memandikan kucing secara rutin, maka agan dapat menggantinya sementara waktu dengan menyeka kucing menggunakan tisu bayi. Tisu bayi sangat ideal digunakan untuk kucing selain menimbulkan aroma wangi pada kucing, tisu bayi juga tidak menyebabkan alergi dan juga lembut ketika bersentuhan dengan bulu kucing.

3. Merawat Saluran Air Mata Kucing
Kucing dengan masalah saluran air mata cenderung banyak mengeluarkan air mata. Maka jika hal ini yang terjadi, pastikan untuk membeli tisu mata yang sesuai untuk membersihkan mata dan daerah hidung kucing persia agan. Hidung yang jarang dibersihkan bisa saja tersumbat sehingga kucing menjadi kesulitan bernapas.

4. Memberi Makanan Khusus Kucing
Banyak beberapa orang yang tidak tahu untuk memberi makanan khusus kucing bagi kucing persianya. Padahal makanan harus mengandung semua nutrisi yang diperlukan agar kucing agan selalu berada dalam kondisi prima, penuh energi, serta bulu yang tumbuh indah dan mengkilap.

5. Memiliki Waktu untuk Bermain dengan Kucing Persia agan
Bermain bersama kucing persia milik agan dapat membuat kucing tetap aktif, sehat, dan juga tidak jenuh. Maka berikan berbagai mainan kegemaran kucing persia peliharaan agan seperti bola, mainan tikus, tongkat bulu, dan yang lainnya. Kemudian sempatkan diri agan untuk bermain dengan kucing peliharaan agan.

6. Bersihkan Tempat Pembuangan Kotoran Secara Rutin
Kucing persia merupakan tipe kucing yang terhitung pemiliki. Sehingga agan harus rajin – rajin untuk membersihkan tempat pembuangan kotoran kucing persia peliharaan agan, karena selain pemilih mereka juga senang tinggal di tempat yang bersih dan nyaman.

7. Berkomitmen
Kucing persia diperkirakan dapat hidup selama 20 tahun. Hal ini berarti dalam memelihara kucing persia membutuhkan komitmen jangka panjang dan persiapkan diri agan untuk komitmen tersebut.

Walaupun kucing persia memiliki harga yang relatif mahal tetapi ternyata cara merawat dan memeliharanya dapat dilakukan dengan mudah dan dengan biaya yang murah. Asalkan agan melakukannya dengan telaten dan penuh perhatian terhadap kucing persia peliharaan agan.