7 Tips Liburan Asyik di Gunung Bromo

5 Agt 2013
Sebuah Tips - Gak kerasa libur Lebaran udah tinggal sebentar lagi. Pasti Agan-agan udah nyiapin rencana liburan yang mantap, nih. Apalagi kalo liburan ke Bromo, wah kalo itu mah bakal asik pastinya

7 Tips Liburan Asyik di Gunung Bromo
Gunung Bromo (balioutbound.com)
Tempat wisata yang satu ini memang selalu rame pas libur Lebaran. Udah kayak stasiun kereta musim mudik Gan ramenya . Gak heran Bromo jadi salah satu pilihan utama destinasi wisata bagi mereka yang mudik ke arah Jawa Timur dan sekitarnya.
Bagi yang udah pesen tiket dan segala akomodasi untuk traveling ke Bromo, berikut tips-tips OK biar Agan makin menikmati jalan-jalan di sana:

1. Siapin yang anget-anget!

Bukan mie rebus Gan, tapi pakaian hangat  Pakaian hangat itu harus karena udara di Bromo bakal bikin kita menggigil. Makanya jangan lupa bawa jaket tebal, kaos kaki, sarung tangan, dan pelindung kepala. Berhubung pakaian hangat biasanya tebal, Agan juga harus nyiapin tas berkapasitas besar sebelum berangkat. Tapi jangan dimasukin ke kardus mie ya, Gan

2. Kudu bawa yang namanya KAMERA

Ada pemandangan indah tapi gak dijepret sama aja ketemu cewe cakep tapi ga diajak kenalan, Gan! Jangan sampai melewatkan panorama Bromo yang indah, apalagi ketika sunrise. Bagi yang belum punya kamera dan duit mepet, Agan bisa cari program cicilan 0% yang gak pake ribet. Selain itu Agan juga bisa manfaatin kamera smartphone yang kini makin canggih.

3. Sewa homestay: satu untuk semua

Berhubung lebaran, harga penginapan pasti bakal melonjak, Gan! Buat nyiasatin hal ini Agan bisa sewa homestay buat rombongan. Selain lebih murah dari hotel, homestay juga bisa bikin kita makin akrab, Gan. Kalo malem bisa banget tuh cerita serem atau main kartu remi bareng-bareng di kamar.

4. Cari penginapan yang dekat dari pintu masuk

Makin jauh dari tempat wisata, bakal makin mahal ongkos yang dikeluarkan untuk transportasi. Selain itu penginapan yang jauh bisa bikin Agan repot ngejar waktu buat liat sunrise.

5. Cari penginapan dengan air panas

Risih kalo gak mandi tapi gak tahan air dingin? Agan mesti nyari penginapan dengan air panas. Soalnya air di Bromo terkenal mak nyeesss banget di badan  Kalo Agan gak tahan air dingin malah bisa bikin ga enak badan. Memang penginapan dengan air panas lebih mahal sedikit, tapi kalo emang lebih nyaman kenapa nggak?

6. Jeep mahal? Pake motor

Tarif jeep untuk paket wisata lengkap mulai dari sunrise ke Pasir Berbisik memang tergolong mahal, Gan. Apalagi kalo rombongan Agan sedikit, tetep mahal walau tarif jeep udah dibagi-bagi. Tapi tentu saja ada alternatif lain, Agan bisa nyewa ojek dengan harga lumayan terjangkau. Pake motor di area berpasir juga nawarin sensasi tersendiri, Gan. Bakal lebih rock ‘n roll pastinya

7. Naik kuda ke puncak

Puncak Bromo memang bisa dicapai dengan jalan kaki, tapi buat coba-coba boleh lah pake kuda. Selain gak capek, jadi berasa gagah, Gan. Apalagi kalo naik kuda putih, serasa jadi pangeran/putri, Gan  Tapi not recommended menunggang kuda sendirian buat Agan yang belum mahir. Harus ditemani yang punya kuda, Gan. Kalo Agan pandai nawar, sekali jalan bisa dapet kurang dari 50 ribu rupiah (kaskus/Bank Central Asia)