Tips Mata Sehat Walaupun Sering Di Depan Komputer

4 Agt 2013
Tips Mata Sehat Walaupun Sering Di Depan Komputer

Sebuah Tips - Seorang programmer, gamer, pegawai staff komputer, dan Kaskuser pastinya. pasti keseringan bertatapan dengan komputer atau laptop. Biasanya kebiasaan bertatapan komputer ini kurang lebih 4 sampai 7 jam dalam sehari.

Saya akan menshare tips keseharian yang saya lakukan dalam menjaga kesehatan mata saya, dengan tetap berkomputer ria.

Makan sayur dan buah
buah dan sayuran Ini penting bagi kita yang selalu berkomputer ria. Saya sendiri makan sayuran 5 atau 6 hari makan sayuran dalam seminggu atau kadang-kadang juga full seminggu makan sayur. Tidak harus wortel, semua sayur juga bermanfaat bagi kesehatan mata. Tapi jangan sampai wortel dilupakan, karena wortel punya persentase vitamin A yang banyak dibanding sayur yang lainnya.

Buah juga penting bagi kesehatan mata kita. Kalau pecandu rokok berkata “tiada hari tanpa rokok”, maka saya berkata mirip “tiada hari tanpa buah”. Ya setiap hari selalu ada buah di rumah saya. Karena pada dasarnya semua sayur dan buah mengandung vitamin A. So, sayur dan buah memang bermanfaat bagi kesehatan mata.

Berkedip
Sering-seringlah berkedip! Biasanya kita yang sering berkomputer ria seringkali lupa mengedipkan mata. Berkedip ini berfungsi agar mata kita tidak kering. Jadi, jangan lupa berkedip saat bermain komputer.

Pijat Mata
sebuahtips.blogspot.com Mata yang terus melototi komputer terus-menerus, akan menyebabkan otot-otot mata menjadi tegang. Agar otot-otot mata menjadi rileks kembali, pijatlah mata kita dengan lembut. Caranya mudah, ini saya lakukan setiap jam manakala bertatapan dengan komputer. Tutuplah mata, kemudian sentuh kedua mata dengan jari telunjuk kanan dan kiri. Lalu beri sedikit tekanan pada sentuhan tersebut, ingat sedikit tekanan dan merata pada semua bagian.

Lihatlah ke yang lain
Maksudnya ialah sesekali palingkan perhatianmu pada benda-benda yang lain. Lihatlah benda tersebut minimal 10 sampai 20 detik. Saya sendiri seringkali memalingkan mata ke arah jarum jam bagian jarum penanda detik, saya menatapnya selama 20 detik tanpa berhenti, lebih bagus kalau tanpa berkedip. Yang lebih baiknya sih, melihat 5 benda dengan posisi berbeda dalam waktu 10 detik per masing-masing benda tanpa berkedip, cara ini lebih efektif. Tapi itu terserah anda mau mencoba yang mana.

Olahraga sebentar
Sebenarnya sih intinya cuman untuk mengalihkan pandangan mata sementara ke yang lain. Saya pribadi biasanya cukup jenuh ketika kita harus berhadapan dengan laptop terus-menerus sampai berjam-jam. Maka dari itu saya biasanya olahraga dulu sebentar biasanya sih loncat-loncat sampai 50 kali, jenis olahraga apapun terserah anda. Ya ini agar kita tidak jenuh dan mengalihkan pandangan sesaat aja.

Lihat tanaman
Ini rutin saya lakukan, soalnya di rumah saya banyak tanaman. Biasanya saya mondar-mandir doang di halaman atau main bola di halaman sambil melihat tanaman hijau. Entahlah alasan sejati dari tips keenam ini. Pokoknya ketika melihat tanaman itu rasanya mata menjadi segar. Atau mungkin saya terpengaruh dari TV, saya teringat pada cerita sebuah kartun. Jadi kisahnya ada kakek yang matanya sakit. Dia hidup di hutan , tapi hutannya gersang alias tidak ada dedaunan. Ketika hujan lebat turun, maka suburlah seisi hutan itu, daun-daunnyapun kembali berhijauan. Dan mata kakek itupun kembali sehat.

Tidak hanya itu, bapak saya juga pernah bilang “Sekali-kali lihatlah tanaman supaya mata segar!”. Ya, kayaknya otak saya tersugesti atau apalah, tapi sugesti untuk hal baik itu bermanfaat. Cobalah dulu, kalau belum dicoba belum tahu rasanya, kali aja tips keenam ini malah yang paling manjur buat kesehatan mata kita. sebuahtips.blogspot.com

Cahaya
Pengaturan cahaya ini penting. Sesuaikan cahaya komputer sesuai kondisi mata anda dan cahaya lingkungan anda berkomputer, pokoknya buatlah senyaman mungkin! Tipsnya jangan gelap dan jangan terlalu terang.

Berdoa
Jangan lupakan tips kedelapan ini. Karena yang memberikan kesehatan kita bersumber dari Tuhan. So, mintalah agar kesahatan mata kita tetap terjaga dengan berdoa. Agar 7 tips tadi bisa manjur dengan semanjur-manjurnya tips.

Demikian tips menjaga kesehatan kedua mata, bagi kita semua yang sering berhadap-hadapan dengan komputer. Semoga kita bisa menjaga kesahatan kedua mata kita, amin. Karena mata adalah jendela tubuh kita, maka kita harus benar-benar merawat mata kita tetap sehat. Jikalau artikel ini bermanfaat, sharelah ketemanmu dengan akun socmedmu. (abanggoyes/sunjaa)