12 Tips hilangkan rasa suntuk saat menghadapi ujian

13 Feb 2010
Praktekkan cara ini agar pikiran Anda lebih jernih, dan lebih mudah berkonsentrasi.
Beragam alat elektronik dan komunikasi yang kita gunakan saat ini memang membantu pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Telepon seluler, surat elektronik, IM, menonton televisi atau membaca surat kabar lewat internet merupakan bagian kehidupan sehari-hari hampir semua orang.
Semua alat yang berdering, bergetar menimbulkan suara secara bersamaan seringkali membuat telinga berdenging dan otak penat
. Sebuah penelitian menunjukkan orang yang melakukan aktivitas seperti berselancar di dalam jaringan, merespon surat elektronik atau IM selama 15 menit sehari akan meningkatkan risiko menderita gangguan brainy serius.
Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk hentikan suara-suara berisik, tanpa melakukan meditasi. Praktekkan cara ini agar pikiran Anda lebih jernih, dan lebih mudah berkonsentrasi.

1. Saat melakukan aktivitas di rumah seperti berpakaian atau mengobrol dan televisi menyala, matikan televisi.

2. Matikan radio di rumah atau saat Anda mengemudikan kendaraan


3. Jangan bawa iPod saat bepergian

4. Tulis pengingat pesan di tempat yang mudah dilihat seperti "Pikiran tenang". Di manapun Anda melihatnya, secara alamiah tubuh akan menjadi rileks dan pikiran akan lebih tenang.

5. Saat berkumpul bersama keluarga, pisahkan tempat anak-anak dengan orang dewasa. Percayakan satu orang dewasa untuk menjaga anak-anak tersebut.

6. Jangan mengerjakan beberapa hal bersamaan. Usahakan jangan menelepon saat mencuci piring dan jangan membuka kotak surat elektronik saat menghadiri rapat atau telekonferensi. Jangan memisahkan surat-surat tagihan saat anak menjelaskan apa yang ia alami di sekolahnya.

7. Sesekali matikan seluler. Deringan telepon bahkan hanya dengan membayangkan telepon Anda berdering membuat jantung berdetak lebih cepat.

8. Ambil jeda di antara tugas-tugas harian Anda. Tetap atur jadwal, tapi jangan terlalu memaksakan untuk menyelesaikannya sekali waktu.

9. Jangan bercermin selama seminggu


10. Selancar di dalam jaringan hanya untuk mencari informasi penting yang Anda butuhkan. Setelah memperolehnya, matikan komputer Anda. Jangan terus melakukan pencarian dan berpindah dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

11. Cobalah dalam seminggu untuk tidak "menghitung". Hindari melihat jam, kontrak-kontrak, surat-surat bank, timbangan badan, atau segala hal yang berhubungan dengan angka. Minta pasangan Anda mengurusnya.

12. Lepaskan Rutinitas. Bekerja seharian, suasana rumah, dering telepon, kotak surat elektronik, dan internet adalah sumber ketegangan dan kepenatan. Sesekali menjauh dari kebiasaan tersebut dengan mengunjungi perpustakaan atau taman. Bekerjalah dalam kehening

Artikel Dari   : KasKus
Gambar Dari : Deditwitagama