Tips agar baterai hp awet

13 Jun 2010
Pernahkah Agan bepergian jauh dan lupa membawa  charger battery ponsel agan??? Pasti pernah kan. Sungguh merupakan hal yang tidak diinginkan ketika diperlukan untuk suatu urusan namun ponsel tidak dapat digunakan karena battery dalam keadaan out of charge. Pada postingan kali ini, ane akan coba memberikan sedikit tips agar battery ponsel Agan bertahan lebih lama dan lebih awet.


Tips Menjaga Battery Ponsel Tetap Awet dan Lama

1. Matikan ponsel. Mungkin ini bukanlah pilihan utama bagi sebagian orang, namun ada baiknya dilakukan. Bila Anda tidak ada acara, atau mau tidur maka matikan saja ponsel Anda. Ini merupakan cara termudah agar battery ponsel menjadi lebih awet dan bertahan lama.

2. Matikan Bluetooth dan Wi-Fi. Bluetooth dan Wi-Fi merupakan fitur yang paling banyak memakan sumber daya power ponsel, jadi matikan saja kalau memang gak digunakan.

3. Matikan getaran dan keytone. Fungsi getaran atau vibrasi ponsel juga cepat menghabiskan sumber daya power ponsel, jadi matikan saja. Sebaiknya juga Anda tidak menggunakan keytones, karena kalau diaktifkan juga terlalu mengganggu menurut Saya. Anda juga dapat mensetting ringtones dengan volume suara yang rendah saja.

4. Jangan menggunakan flash/blitz. Hindari penggunaan flash pada kamera ponsel Anda. Blitz sangat memakan sumber daya battery, apalagi jika Anda megambil gambar dalam jumlah banyak sekaligus.

5. Perkecil brightness screen. Ponsel juga dapat menyimpan power battery sama seperti laptop.

6. Tutup aplikasi. Aplikasi menggunakan terlalu banyak power battery, selama aplikasinya terbuka. Jika Anda tidak menggunakannya, maka tutup saja aplikasi tersebut.

7. Gunakan untuk telpon saja. Bermain games, menonton video, melihat-lihat gambar, dan menggunakan internet akan cepat menghabiskan battery Anda.

8. Jangan cari sinyal. Ponsel Anda akan terus mencari sinyal di daerah yang tidak sinyalnya tikda kuat. Lebih baik matikan saja ponsel Anda jika berada di daerah seperti ini atau beli signal amplifier agar bisa dapat sinyal bagusdi tempat yang sinyalnya lemah.

9. Jangan sampai mati. Jangan charge battery ponsel Anda sebelum powernya bener-bener mau habis.

10. Jauhkan dari panas. Jangan biarkan ponsel Anda pada tempat dengan suhu yang terlalu panas misalnya tertinggal di dalam mobil yang tertutup pada cuaca panas. Untuk umur battery yang lebih panjang Anda bisa membeli battery cadangan dan menyimpannya di dalam kulkas (tentunya jangan sampai beku dong ).

Sumber Artikel Dan Gambar : KasKus