Hacker bukan Cracker

9 Jul 2010
Assalamu'alaikum pembaca semua,

"Hacker" saat terdengar kata itu sepertinya sudah tidak asing ditengan-tengah kita para netters . . .

tapi saat-saat ini hacker disama artikan dengan "Cracker" why? saya juga kurang tau . . . .

*Afwan

Saya juga heran dengan orang-orang yg menjebol situs, men-deface web, embat password orang dan yg lainnya lah dengan menyebut dirinya "Hacker" dan aktifitas yg mereka yg lakukan adalah Hacker, namun yg saya yakinin dan mungkin para pembacana yakini juga ialah "Hacker bukan Cracker" Hacker itu lebih bersifat Art (seni) menurut saya pribadi,


Hal ini juga sudah dijelaskan  diwikipedia 
Peretas memiliki konotasi negatif karena kesalahpahaman masyarakat akan perbedaan istilah tentang hacker dan cracker. Banyak orang memahami bahwa peretaslah yang mengakibatkan kerugian pihak tertentu seperti mengubah tampilan suatu situs web (defacing), menyisipkan kode-kode virus, dan lain-lain, padahal mereka adalah cracker. Cracker-lah menggunakan celah-celah keamanan yang belum diperbaiki oleh pembuat perangkat lunak (bug) untuk menyusup dan merusak suatu sistem. Atas alasan ini biasanya para peretas dipahami dibagi menjadi dua golongan: White Hat Hackers, yakni hacker yang sebenarnya dan cracker yang sering disebut dengan istilah Black Hat Hackers.

Peretas = Hacker (dalam Inggris)

Nah, sekarang apakah kita juga tetap masih mengidentifikasikan bahwa yg selama ini biasa ada di Situs2 Portal berita yg memberitakan tentang Hacker men-deface lah ada Cyber War lah atau yg lainnya itu adalah "Hacker"?

Nah, saya ingin berkata (semoga saja) para pembaca bisa membalikkan atau memutar otaknya kembali utk menyebutkan aktifitas2 yg saya jelaskan diatas itu "Hacker" padahal Sebenarnya mereka itulah yg dinamakan "Cracker" sama seperti yg dibilang Wikipedia.
Iseng-iseng lagi Blogwalking saya dengn Izin Allah tentunya berkunjung ke sebuah forum yg telah membuka mata saya dan berpikir kembali tentang apa arti "hacker itu sebenarnya" situs tersebut bernama "MuslimHackers", setelah dilihat-lihat disana rupanya terdapat berbagai macam fitur seperti, Blog, Forum, dan mailing list, foundernya adalah 4bu4hm4d, kenapa namanya "MuslimHackers"? Pembaca bisa melihat tentang deskripsi Situs dari foundernya ketika masuk ke Forumnya, 

Hal yg membedakan MuslimHackers dengan Komunitas Hackers yg lainnya adalah disini selain kita belajar hal-hal yg berbau IT, ada juga didalam forumnya tentang Studi Islam, kita bisa saling sharing2, mendiskusikan, dan tentu saja belajar tentang Islam lebih dalam di Forum ini, mengasyikkan bukan?
Ini adalah Logo dari situs MuslimHackers

lomba blog dan posting forum muslimhackers.net


Semoga situs ini bisa merubah perspektif orang2 tentang "apa itu hacker" dan juga kita (untuk yg muslim) bisa menjadi Ladang Amal dan Ladang Da'wah kita dalam Islam.Untuk yg belum Join Group MuslimHackers di FB silahkan join DISINI 
*Semua yg ada diatas adalah sepengetahuan dan pendapat sendiri, 
Akhir kata mohon maaf jika ada kesalahan yg disengaja maupun yg tidak disengaja (CMIIEW) = Correct Me If Im Wrong


Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

8 komentar:

  1. valid itu seperti koreksi, biar perfect gitooh sob, salam kenal jg yak ^^

    BalasHapus
  2. bagus tuh situs hacker muslim,,bisa jadi panutan hacker yang lain,,,

    BalasHapus
  3. @beben : valid yg dimaksud yg mana ya bro? hehehe salam kenal juga

    @Aya jafarudin : Iya, silahkan bergabung . . .

    BalasHapus
  4. Iya nih, memang sekarang orang-orang itu berpandangan bahwa hacker itu adalah cracker, padahal nyatanya tidak. Kalo menurut saya hacker itu senang berkreasi mencari hal yang baru, memecahkan apa yang menjadi penasaran.

    BalasHapus
  5. @Yuda : nah itu dia yg harus di luruskan menurut ane . . .

    BalasHapus
  6. Sebenarnya keduanya tak berbeda jauh, hanya tujuannya yang terkadang masih abu-abu, tapi bagaimanapun, kita (mungkin) pernah memanfaatkan hasil kerja mereka :)

    BalasHapus
  7. Ya Hacker dan Cracker memang berbeda. Hacker itu pengertiannya lebih luas dan umum.
    Setiap Cracker itu sudah pasti juga seorang Hacker. Tetapi seorang Hacker belum tentu adalah seorang Cracker.
    CMIIW

    BalasHapus
  8. @Ardhiansyam : ya begitulah . . . . Setiap orang pastinya punya pendapat yg berbeda2 . . . :D

    @Que : itu dia bang . . . .

    Setiap Cracker pasti Hacker
    Tapi Setiap Hacker belum tentu Cracker . . . :D

    BalasHapus