5 Tips untuk tidur yang lebih baik

9 Jul 2010
Lisa Shives, MD, direktur medis kedokteran Northshore, berkata "gangguan tidur tidak hanya mempengaruhi kualitas hidup Anda tetapi juga memiliki konsekuensi serius dalam kesehatan jangka panjang" . berikut adalah tips untuk tidur yang lebih baik.
1. Matikan Laptop Jauhkan tangan dari keyboard! Laptop membuat anda sulit untuk tertidur. Mengapa? komputer memicu Anda untuk terus menerus beraktifitas, dan terlalu lama berada di depan layar monitor tidaklah baik.sebuah reseptor kecil di otak yang mengatur sirkadian (atau badan) irama, termasuk siklus tidur-bangun jadi terganggu. Istirahat mudah: Shut down laptop Anda - dan berhenti texting - 1-2 jam sebelum waktu tidur.
2. Jangan selalu beraktifitas di kamar tidur.Keluar lah dari kamar tidur walaupun hari libur. studi menunjukkan bahwa orang lain lebih baik berada di luar daripada terlalu lama di dalam kamar rumah. karena sebagian dari kita melakukan lebih dari tidur di tempat tidur. Itu termasuk bekerja, ngemil dan menonton TV.
Istirahat mudah: Jaga kamar tidur Anda agar tetap bersih dan bebas dari gangguan stimulasi. Fungsi utama kamar tidur hanya untuk dua hal: tidur dan seks, kata David Schulman, MD, direktur Emory Gangguan Tidur Laboratorium di Atlanta.
3. Berhenti berfikir untuk sejenak. Lebih dari 30% dari 1000 orang memiliki masalah kekhawatiran tentang ekonomi dan beberapa masalah pribadi. berhentilah memikirkan semua itu saat hendak pergi tidur ! Istirahat mudah: Alihkan perhatiannya masalah Anda dengan musik, buku audio atau suara menenangkan yg bisa membuat anda lebih relaks.
4. Jangan meminum alkohol. Minum alkohol memang dapat membantu Anda tertidur, tapi tidak mengantuk awal terakhir. Setelah Anda memetabolisme alkohol, "bahwa efek menenangkan kehabisan, biasanya dalam waktu empat jam," ujar Shives. "justru Anda akan terbangun - dan lebih terjaga dari sebelumnya."

Istirahat mudah : minum lah secangkir susu, teh , minuman non-kafein merupakan pilihan yang sehat. Mengapa air panas membuat Anda mengantuk? Hal pertama adalah untuk meningkatkan suhu inti tubuh, yang kemudian tubuh mendingin dengan cepat, Tubuh yang dingin untuk membantu Anda tidur lebih baik.



5. Makan malam 2 jam sebelum tidur. Makan sebelum tidur malam. makan terlalu larut malam membuat anda sulit ketika harus beristirahat, Tapi jangan tidur dengan perut kosong. Kelaparan juga tidak baik pada saat ingin pergi tidur.
Istirahat mudah: makan malam Makan setidaknya 2-3 jam sebelum waktu tidur untuk memberi tubuh Anda cukup waktu mencerna makanan. Jika Anda lapar, makan makanan ringan setidaknya satu jam sebelum Anda pergi tidur.

Sumber Artikel : KasKus