Tips menangkal Insomnia

12 Jul 2010
Insomnia? Don't worry. Abis baca tulisan ini, kamu bisa tidur dengan nyenyak.

Yang namanya insomnia sebenernya ada dua jenis: insomnia kronis dan insomnia sesaat. Insomnia yang terjadi selama tiga malam atau lebih dalam seminggu (sikon ini berulang terus selama sebulan), disebut sebagai insomnia kronis. Penyebabnya antara lain karena penggunaan kafein dan alkohol secara berlebihan, mengalami stres berkepanjangan, atau udah kebiasaan melakukan aktivitas malam.

Beda dengan insomnia sesaat, yang munculnya kadang-kadang. Yah, paling kenceng sehari doang! Insomnia sesaat lebih disebabkan oleh stres ringan, gangguan lingkungan (berisik, banyak nyamuk, dll.), suhu yang ekstrem, atau efek samping pengobatan.

Oke, sekarang kita lanjut ke cara mengatasinya! Katherine Albert, Ph.D.,M.D, penulis buku Get a Good Night's Sleep, bilang insomnia bisa diatasi lewat diet khusus.

1. Perbanyak makan makanan yang kaya vitamin B, seperti ikan, padi-padian, biji bunga matahari, selada, kacang-kacangan, dan bayam, untuk membantu menetralkan tubuh akibat stres.

2. Perbanyak juga makan makanan yang kaya akan karbohidrat, kayak pisang, pasta, yogurt, kentang, dan oatmeal. Kenapa? Karena karbohidrat bisa membantu tubuh memproduksi serotonin (hormon penyebab tidur)

3. Jangan minum susu dengan lemak banyak (terutama menjelang tidur), karena justru meningkatkan insomnia. Kalo pengen susu, cari yang low fat.

4. Kurangi mengonsumsi makan garam.

5. Terakhir, singkirkan kafein dan alkohol secara total!

Sumber Artikel : KasKus