Tips cara memanggang ikan supaya merata

13 Mar 2011

SebuahTips - Ikan panggang adalah hidangan lezat dan sehat. Sayangnya, banyak orang yang tidak mengetahui cara memanggang ikan yang baik dan tidak menampilkan sisi gosong di bagian luar sementara dagingnya masih mentah di dalam.

Menggoreng ikan dan membakar ikan dalam panci memang cenderung berbeda. Membakar ikan jauh lebih ribet karena membutuhkan kesabaran dan ketelatenan saat membakarnya. Agar ikan bakar Anda matang dengan merata, sebaiknya hindari menggunakan panci saat memanggang ikan di atas kompor. Sebagai langkah akhir, Anda dapat mematangkannya di oven sehingga tekstur kecokelatan yang ada di luar tetap lembap dan kematangan ikan pun merata.

Untuk lebih lengkapnya, ikuti trik berikut seperti diulas E-How.

1. Keluarkan ikan dari kulkas. Biarkan ikan sementara waktu di piring. Tutuplah menggunakan tutup panci selama kurang lebih setengah jam. Setelah itu panaskan ikan dalam oven dalam suhu 400 derajat.

2. Keringkan ikan dengan kertas agar kelembapannya terserap. Ini penting agar saat proses pemasakan ikan akan mudah matang. Jangan lupa taburkan garam atau gula pasir pada ikan untuk membantu memberikan kerak dan mencegahnya dari kekeringan saat di bakar nanti.

3. Panaskan wajan dengan api tinggi selama tiga sampai empat menit. Tambahkan tiga sendok makan minyak di wajan dan ratakan hingga seluruh wajan terlapisi minyak tersebut. Biarkan wajan panas selama satu sampai dua menit. Sebaiknya hindari menggunakan minyak zaitun karena akan membuat pembakaran ikan terlalu matang.

4.  Bakar ikan selama tiga menit untuk setiap sisi. Balik ikan dengan bantuan spatula dan kemudian bakar ikan selama tiga menit untuk sisi berikutnya. Jangan menyentuh atau memindahkan ikan ketika sedang membakar karena hanya akan mengganggu proses kematangan ikan.

5. Tempatkan ikan di dalam piring antipanas dan panggang ikan dalam oven, sehingga kematangannya merata. Setelah itu pindahkan ikan ke piring dan diamkan sejenak.

6. Buatlah saus ikan sesuai dengan selera yang Anda inginkan. Kemudian tuangkan saus tersebut di atas ikan yang telah matang dan berwarna kecokelatan tersebut. Ikan panggang pun siap dinikmati.

Editor: FAZARIS TANTI
(dat01/okezone)