Like Sebuah Tips di Facebook untuk selalu mendapatkan Tips - Tips Menarik lainnya setiap Hari dari Kami langsung di Wall Facebook anda

Tips Cara Mencegah Anak Tidak Ngompol

10 April 2011
Sebuah Tips - Anda punya anak? MASALAH anak yang masih mengompol dialami hampir sebagian besar keluarga. Anda pasti tidak tahan dengan bau pesing yang menjadi menu sarapan setiap pagi. Belum lagi jika si anak telah melewati masa batita, maka daerah bekas ompol di kasur akan meluas.

Daripada Anda capek menjemur kasur setiap hari dan menikmati aroma yang tidak sedap pada pagi hari, ada baiknya Anda mulai mengajarkan anak Anda disiplin mengenai buang air kecil pada malam hari. Sabar dan disiplin adalah kunci utama untuk mencegah anak Anda ngompol setiap malam. Inilah cara-cara yang bisa Anda coba:

Kurangi Konsumsi Cairan
Pemicu anak ngompol setelah tidur adalah banyaknya asupan cairan yang masuk ke dalam tubuhnya. Agar tidak menimbulkan rasa ingin buang air kecil, jangan memberi anak Anda minuman apapun 1 jam sebelum ia tidur. Supaya dia tidak kekurangan cairan, pastikan dalam sehari dia sudah mendapatkan cukup minum agar tidak dehidrasi.

Ke Toilet Dulu Sebelum Tidur
Ini adalah disiplin yang harus Anda ajarkan sejak dini. Latih anak Anda untuk buang air kecil sebelum tidur, bisa juga disertai dengan sikat gigi sebelum tidur. Jadikan hal ini sebagai rutinitas agar anak Anda tidak menahan rasa 'kebelet' pipis setelah dia tidur.

Fokus Pada Fungsi Toilet
Daripada selalu mengomeli anak setiap kali kedapatan mengompol, fokus saja pada pentingnya memakai toilet pada malam hari. Jika dia terbangun pada tengah malam karena 'kebelet' pipis, katakan padanya apa yang harus dia lakukan. Tentu saja yang harus dia lakukan adalah pergi ke toilet, bukan membasahi tempat tidurnya.

Toilet Bersih Dan Dekat
Kadang anak kecil takut dengan kondisi gelap menuju toilet. Jika toilet anak Anda ada di dalam kamar, nyalakan saja penerangan toilet agar si kecil tidak kesulitan menyalakan lampu toilet saat bangun dan buang air kecil. Jika toilet cukup jauh, buatlah penerangan temaram dan selalu nyalakan lampu toilet pada malam hari. Buatlah toilet menjadi tempat yang nyaman, bersih dan wangi.

Jangan Menakut-Nakuti
Anak kecil biasanya malas pergi ke toilet karena takut dengan cerita hantu dan cerita seram lainnya, sehingga dia lebih memilih dimarahi gara-gara ngompol daripada buang air kecil di toilet pada tengah malam dan bertemu hantu. Pastikan bahwa dia tidak mendapat cerita seram itu. Selain tidak baik untuk perkembangan psikologisnya, dia bisa terus ngompol karena takut.

Lakukan cara-cara itu dengan sabar. Jika telah berhasil, maka Anda dan keluarga Anda akan bangun dengan menghirup udara pagi yang segar, bukan bau ompol yang pesing. Selamat mencoba!(kpl/ICH)
MetroTVNews