Tips Cara menghindari stress disaat mengemudi kendaraan

20 Mei 2011
Sebuah Tips - MEMILIKI mobil nyaman tentunya merupakan prioritas, terutama bagi kaum perempuan yang mesti menghabiskan waktu lebih dari 1 jam untuk berada di belakang kemudi. Bagaimana cara untuk membuat waktu Anda di dalam mobil menjadi aman dan tidak stres, terutama bila terjebak kemacetan? 

1. Gunakan headset 
Mengutak-atik ponsel saat mengemudi pastinya memperbesar risiko mengalami kecelakaan, bahkan hingga 300 persen. Jika Anda harus menerima panggilan saat mengemudi, pastikan dahulu ponsel Anda tersambung ke headset.

2. Mobil bersih dan harum 
Sebuah penelitian menemukan bahwa rata-rata di setiap mobil terdapat 300 jenis bakteri, beberapa di antaranya menyebabkan bau tak sedap. Bersihkan semua permukaan di mobil terutama noda pada kaca depan yang dapat merusak pandangan. Untuk menyegarkan aromanya, coba pasangan produk pewangi alami.

3. Taruh tempat sampah 
Mobil yang berantakan bisa membuat orang menjadi stres saat berkendara. Taruh saja tempat sampah yang kini sudah banyak dijual dengan tampilan unik dan menarik.

4. Pakai GPS 
Sebuah GPS tidak hanya memandu perjalanan, tapi juga bisa menjaga hubungan baik Anda. Sebuah jajak pendapat baru-baru ini menemukan bahwa 55 persen dari percekcokan di mobil diakibatkan hasil tersesat.

5. Minum kopi atau teh 
Sedikit kafein dapat membantu berkendara lebih aman dengan membuat Anda kurang mengantuk, menurut National Sleep Foundation.

6. Taruh mainan untuk anak 
Tak ada yang lebih mengganggu atau berbahaya saat mengemudi daripada melihat ke belakang untuk mengawasi anak-anak. Apalagi mereka kadang akan mencari perhatian bila Anda cuek. Maka itu, pastikan mereka selalu sibuk dengan mainan yang bisa dimainkan di dalam mobil seperti permainan genggam elektronik. (Pri/OL-06)
MediaIndonesia