Tips Cara menjaga Kesehatan Tubuh Disaat Musim Hujan

24 Nov 2012
Main Hujan Hujanan
Main Hujan Hujanan (hidupku-sengn.blogspot)
Sebuah Tips - Disaat musim hujan gini biasanya tubuh sering banget droop gan

Musim hujan telah datang dan anda harus bersiap-siap menjaga kondisi tubuh untuk tetap prima agar tidak terserang penyakit. Sebetulnya di musim kemarau pun sumber penyakit memang banyak bertebaran, namun saat musim hujan resiko penyebaran penyakit cenderung lebih tinggi. Bisa kita lihat di sekitar kita, di rumah, kantor, kampus atau sekolahan. Saat musim hujan tiba lebih banyak orang yang terserang penyakit daripada saat musim kemarau.

Berbagai macam penyakit melanda lingkungan sekitar kita di saat musim hujan. Penyakit yang paling umum timbul pada musim ini antara lain flu, pilek, batuk, diare, dan yang paling parah yaitu demam berdarah. Melihat kondisi tersebut tentu saja kita sangat ingin terhindar dari risiko penyakit penyakit tadi. Perhatian ekstra terhadap kondisi tubuh anda mutlak diperlukan untuk menangkal datanya penyakit diatas. Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan anda terutama selama menghadapi musim hujan.

Tips pertama adalah menjaga pola makan dan asupan nutrisi. Anda harus mengurangi makanan cepat saji yang minim nutrisi. Selain itu hindarila sebisa mungkin makanan yang mengandung banyak minyak dan lemak karena akan menyebabkan lambung bekerja keras untuk mengolah makanan dan usus lebih sulit menyerap sari makanan. konsumsilah lebih banyak makanan yang bergizi. Gizi yang baik dan tercukupi akan membantu tubuh anda untuk memperkuat antibodi ( daya tahan tubuh ) untuk memerangi virus atau bakteri penyebab penyakit.

Tips kedua adalah berolahraga secara teratur. Usahakan anda berolahraga secara rutin tiap hari sebelum anda berangkat ke kantor, kampus atau sekolah. Dengan berolahraga maka aliran darah akan lebih lancar sehingga zat-zat gizi dari makanan yang diserap akan tersalurkan ke seluruh tubuh. Selain itu dengan berolahraga maka sistem pembuangan tubuh baik berupa air keringat, air seni maupun tinja akan lebih lancar.

Tips ketiga adalah istirahat yang cukup. Dengan beristirahat berarti memberikan kesempatan kepada tubuh anda untuk memulihkan kondisi setelah bekerja seharian. Anda juga harus sebisa mungkin menghindari stress karena terbukti stress dapat mengurangi daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Tips keempat yang merupakan tips jitu adalah selalu berdoa untuk kesehatan anda dan keluarga. Jangan tunggu sampai sakit, karena mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. -

Sumber : http://www.kaskus.co.id/thread/50acfbf8516ea17b570000e5/cara-menjaga-kesehatan-tubuh-disaat-musim-hujan/