Inilah 7 Tips untuk Menjadi Kuat dan Mahir dalam Bersepeda

28 Feb 2013

Ilustrasi Foto Spare Part Sepeda
Ilustrasi Foto Spare Part Sepeda
Sebuah Tips - Kekuatan & Kemahiran

Banyak memang program latihan untuk para pesepeda (MTB’er) yang di muat oleh majalah2 olah raga sepeda. Tapi sebenarnya kalo kita perhatikan secara seksama ternyata hanya ada sekitar tujuh elemen pokok untuk menjadi kuat dan mahir diatas sepeda. Anda tidak perlu mengikuti program latihan yang njelimet / bikin mumet. Cukup anda jadikan elemen-elemen dibawah ini menjadi bagian dari gaya hidup anda sebisa mungkin. 
Latihan Dasar ini hanya direkomendasikan bagi mtb’er yg ingin memelihara atau lebih meningkatkan kemampuan genjotnya dan ga' mau berada diurutan belakang kalo touring bareng2 
Latihan dasar ini bukan ditujukan untuk menjadi atlit yang handal atau program latihan untuk atlit. 
Rekomendasi untuk MTB'er yang sibuk tapi ga sudi ada diurutan paling belakang, dan cuma punya waktu latihan sedikit . 





AEROBIC ENDURANCE. (Kemampuan Aerobik) 


Lakukan paling tidak 2~3 jam meng-genjot sepedah setiap minggunya (baca juga train smarter not harder di artikel yg sudah lalu). Kadang-kadang memang kita merasa bahwa kita pasti mampu melakukannya setiap hari, tetapi belum ada catatan medik yg mengatakan itu sangat bermanfaat. Apabila anda seorang DH’er / XC’er dengan melakukan latihan selama lebih dari itu, ini malah akan menjadikan anda lelah dan menjadi lambat. Sekurang-kurangnya anda harus melakukan latihan aerobic pendek, atau setidak-tidaknya 30menit tiga kali dalam seminggu. 


AEROBIC THRESHOLD. (Batas Kemampuan Aerobik) 


Lakukan beberapa seri latihan interval keras, sekeras mungkin anda sanggup melakukannya dalam beberapa menit sesekali. Ini bisa dilakukan didalam latihan genjot rutin anda. Memang kurang nyaman rasanya tetapi, hasilnya akan menambah kemampuan anda. 



SPEED/ANAEROBIC POWER. (Kecepatan/Tenaga Anaerobik) 


Berlatih sprint. Lakukanlah kedua hal ini, sprint-lah pada saat start atau segera setelah keluar dari tikungan. Dengan tenaga penuh. Putaran cepat (>100rpm) dengan gigi rendah dengan jangka waktu kurang/lebih20 detik. Setelah itu lakukan pemulihan. Lalu ulangi. Latihan Ini juga bisa dilakukan dengan stationery trainer (alat latihan statik), pilihlah salah satu mana yg lebih menyenangkan. 



STRENGTH. (Kekuatan) 


Latihlah seluruh otot pada bagian2 yang bergerak pada tubuh anda. Lakukan dorongan dan tarikan pada tangan/lengan, latihlah otot kaki, tangan dan tubuh bagian atas. Lakukan latihan otot perut dan peregangan otot2 punggung. MTB’er yang agresif biasanya yang rajin melatih kekuatannya. (upper body strengths sangat penting pada xc atau dh) 



GENERAL SKILLS (Kemampuan Dasar)

Bersepadalah apabila ada mempunyai kesempatan dan waktu. Makin banyak variasi dan jalur-jalur teknikal yg anda coba maka kemampuan handling anda makin baik, Coba XC, coba DH, Slalom, BMX. Latihlah kemampuan mata dan reaksi anda untuk mencari jalur2 yang benar dan upayakan supaya dapat melaluinya dengan mulus. 



SPECIFIC SKILLS. (Ketrampilan Kusus) 


Keluar dan latihlah kelemahan2 yang masih anda rasakan pada diri anda. Melompat; Berputar; Menanjak; ber XC, ulangi di daerah2 yg sukar. Apapun yang anda lakukan, lakukanlah sebaik mungkin. Kelemahan yang tidak dilatih tidak akan menghasilkan kemampuan 

REST. (Istirahat) 
Ini adalah hal yang sangat penting, terlalu banyak berlatih akan membuat anda letih dan lemah. Jangan berlatih terlalu keras lebih dari 2 kali seminggu. (kaskus.co.id/frensta)