7 Tips yang harus diperhatikan ketika membeli Kurma

18 Jul 2013
Sebuah Tips - ane mau sedikit share tentang beberapa tips saat agan dan aganwati membeli buah kurma, mudah mudahan ngga

Tips membeli buah kurma yang baik demi mendapatkan kurma dengan kualitas bagus tidak sulit gan .
Ciri-ciri kurma yang jelek bisa Agan kenali. Buah yang identik dengan bulan puasa ini bisa dengan mudah ditemui di jalan-jalan, supermarket maupun pasar tradisional.

Dalam islam, memakan makanan yang manis ketika berbuka puasa sangat disarankan. Ini berpengaruh pada kesehatan, sebab kurma mengandung gizi dan manfaat yang baik ketika dikonsumsi .

Tetapi, tak jarang dari kita yang kurang berhati-hati dalam membeli kurma sehingga kualitasnya pun masih diragukan. Sebelum Agan memutuskan membeli kurma, ingatlah beberapa tips dibawah ini:

1.Dikemas dengan baik. 
Perhatikan cara perawatan buahnya, pembungkusnya, terutama bila Agan membeli di pinggir jalan. Hindari memilih buah kurma dengan kemasan yang kurang baik. Debu dan asap kendaraan yang menempel di buah kurma dapat menggangu kesehatan.

2.Kulit arinya tidak rusak.
Lihat dan teliti buah kurma yang hendak Agan beli. Apakah buah tersebut sudah terkelupas? Bila demikian, bisa disebabkan banyak faktor, terutama banyak jamahan tangan-tangan manusia atau sudah pernah jatuh ketanah yang menyebabkan buah tersebut mudah terkontaminasi.

3.Bentuknya besar, bukan kecil-kecil. 
Buah kurma yang baik hanyalah yang bentuknya besar. Bila kecil-kecil, itu berarti buah tersebut sudah terlalu lama mengering. Memang masih bisa di makan dan tetap sehat untuk tubuh, namun ada baiknya Agan memilih yang lain.

4.Tidak lengket saat dipegang. 
Bila Agan memegang buah kurma namun terasa lengket ditangan, ini bisa jadi trik penjual. Kurma yang lengket berarti ada tambahan gula atau madu, dengan artian lain sudah tidak alami lagi. Meski ditambah madu, para penjual mungkin saja ada alasan dalam menambah madu, mungkin kurma tersebut sudah tidak baik atau ingin mebuat kurmanya semakin manis.

5.Warnanya coklat, merah dan kekuning-kuningan.

Amati warna kurma yang Agan pilih, apakah cocok dengan warna yang di atas, jika terlalu merah sehingga terlihat hitam itu berarti buahnya kurang baik dan sudah lama. Bila Agan tetap memilih buah tersebut, tidak apa-apa sebab kurma memang tahan lama. Namun sebagai pembeli tentu ingin yang terbaik bukan?

6.Saat dimakan rasa, tekstur dan aroma normal. 
Tanda kurma yang dipilih terjaga dengan baik ialah bila rasa yang normal dan tekstur yang tidak keras. Bila memungkinkan, cicipilah terlebih dahulu sebelum membeli.

7.Terdapat izin dari Depkes.
Kurma yang terdapat di supermarket tentu sudah ada izin dari departemen kesehatan. Tetapi bila Agan memilih untuk membeli kurma di pinggir jalan, perhatikan cara pedangnya dalam menjajakan dagangannya. Agan bisa menilai mana pedagang yang benar-benar menjaga kebersihan buah yang dijualnya.

Meski menyantap makanan atau minuman yang manis, tetap jaga kesehatan Anda agar puasa tidak terganggu (kaskus.co.id/faunugrah)