Bercita2 bekerja diluar negeri ? ikuti tips dan triknya dimari

27 Jul 2013
Bercita2 bekerja diluar negeri ? ikuti tips dan triknya dimari

Sebuah Tips - Agan2 mungkin banyak yang bercita2 ingin bekerja di luar negeri, entah itu termotivasi karena faktor tantangannya, faktor keuangannya, faktor experience ataupun faktor gengsi lainnya. Tidak ada yang salah dengan bekerja diluar negeri karena saat ini banyak sudah perusahaan2 besar di belahan dunia lainnya yang sangat2 menghargai dan meminati tenaga kerja profesional dari Indonesia. Tidak dipungkiri para ekspatriat dari Indonesia dikenal dengan berbagai kelebihannya seperti ramah, murah senyum, skillfull, knowledgeable ringan tangan dan pekerja keras. Untuk itu mari kita simak beberapa tips dan trik berikut bagi agan2 yang tertarik bekerja di luar negeri entah itu di bidang perhotelan, migas, perbankan, officer dan lain sebagainya.

1. Siapkan negara tujuan agan 

Persiapan memilih negara tujuan akan sangat penting di awal agan memutuskan untuk bekerja di luar negeri. Jika agan telah memutuskan salah satu tujuan negara yang ingin dituju galilah sedalam2nya informasi yang berkaitan dengan negara tersebut dimulai dari sistem visa, sistem ketenagakerjaan, kondisi, bahasa dan budaya negara tersebut, ataupun keperluan menggunakan jasa agency atau tidak. Sesuaikan dengan kemampuan agan saat ini apakah kemampuan agan sudah bisa mendukung untuk survive di negara tersebut atau belum karena beberapa negara mempunyai sistem bekerja yang berbeda dengan Indonesia dan juga untuk menghindari benturan budaya yang biasa terjadi pada ekspatriat yang bekerja di luar negeri.

2. Kemampuan dan Pengetahuan

Pastikan agan benar2 menguasai dan memahami bidang yang akan anda apply, karena terkadang terjadi perbedaan pemahaman dan aplikasi pekerjaan yang akan dikerjakan dengan apa yang agan lamar untuk posisi tersebut. Persiapkan beberapa kemampuan dan pengetahuan extra seputar bidang pekerjaan agan untuk berjaga2 jika sekiranya terjadi hal2 yang diluar tanggung jawab agan. Kemampuan dan pengetahuan disini pun terbagi menjadi 2 hal, yang pertama adalah yang berkaitan dengan sisi profesi agan sendiri, dan yang kedua tentunya terkait dengan kondisi negara agan bekerja dari sisi budaya dan bahasa. Jangan sampai agan memutuskan bekerja di jepang tapi tidak mengetahui cara berbahasa jepang yang baik dan benar....jika agan lebih memahami tentang hal kedua maka kehidupan agan disana nantinya akan berjalan lebih smooth dan lebih efektif tentunya. Dan tidak bisa dipungkiri bahwa bahasa inggris adalah bahasa yang diterima di kebanyakan negara tentunya, jadi jangan males untuk belajar ya.

3.Dokumen

Rata2 dokumen yang dibutuhkan adalah Ijasah terakhir, surat pengalaman kerja, photo resmi terbaru, paspor 48halaman, buku nikah ( jika anda ingin membawa keluarga ), surat tanda sehat ( medical chek up di klinik2 yang terpercaya ), KTKLN dari dinas ketenagakerjaan dan beberapa dokumen lainnya yang harus diatestesi di kedutaan yang bersangkutan tentunya. Coba kumpulkan semua kelengkapan tersebut, urus paspor di awal akan lebih meringankan beban agan karena harga paspor tembakan ( minta cepet) ataupun normal akan berbeda tentunya. Jika anda menggunakan agency urusan semua itu akan dibimbing oleh mereka dan jangan marah ya jika ada sedikit uang lelah buat mereka hehehe....

4.Searching a job

Agan bisa mencoba berbagai peruntungan untuk mencari pekerjaan yang sesuai melalui berbagai media sosial, koneksi pribadi di luar negeri, agency ataupun website perusahaan ataupun website job searching yang bertebaran di luar sana macam catererglobal ataupun jobsDB. Melewati agen tentunya akan lebih mempermudah jalan agan mencapai cita2 tentunya, tapi sangat diharapkan kehati2annya karena saat ini banyak penipu yang berkedok agen pekerjaan dan menarik berbagai biaya yang sangat besar dan berujung pada harapan hampa. Tidak ada salahnya mencari rekomendasi dari teman2 diluar negeri melalui kaskus regional luar negeri agar agan mendapatkan pemahaman yang jelas tentang sistem bekerja dan cara legal memasuki negara2 yang agan inginkan . Jika agan mencari melalui web, masukkan secara spesifik pekerjaan apa yang aganmau, poles CV agan dengan penuh detail tentang kemampuan dan pengetahuan agan, pastikan HP agan selalu bisa dihubungi setiap saat, dan JANGAN MENYERAH. Karena melamar melalui web tidaklah mudah, masukkan terus aplikasi2 agan kemana tapi tentunya yang sesuai dengan kapasitas agan ya.

4. Menseleksi surat penawaran yang masuk

Disini Ts akan menerangkan beberapa hal jika agan mulai mendapatkan beberapa offer letter dari perusahaan2 yang agan tuju. Baca dan pahami baik2 penawaran kontrak kerjanya dimulai dari 1.Posisi...apakah sesuai dengan apa yang agan mau ? apakah jika posisi yang ditawarkan berbeda agan sanggup mengerjakan posisi tersebut ?. Yang ke 2. Gaji....coba searching tentang basic salary dari posisi agan, apakah terlalu rendah ? apakah standart ? ataukah termasuk tinggi....selalu terbuka kesempatan untuk menawar gaji 10-20% lebih tinggi karena pada dasarnya setiap perusahaan mempunyai plafon2 gaji tersendiri dan jangan sampai agan menyesal nantinya karena tanggung jawab pekerjaan agan ternyata mempunyai harga lebih tinggi dari yang agan terima di kontak. Yang ke 3. Akomodasi, transportasi dan tiketing....jangan senang dulu jika agan mendapatkan nominal gaji yang besar, teliti dulu...apakah itu including dengan uang akomodasi dan transportasi sehari2nya ? ataukah akomodasi akan mendapat subsidi lain dari perusahaan jika agan harus ngekos ? ataukah sudah disiapkan kamar untuk agan. Ingat gan, kenyamanan agan bekerja dimulai dari akomodasi dan transportasi yang nyaman dan aman. Dan juga detail tentang tiket yang akan ditanggung perusahaan untuk PP Indo-negara tujuan, berapa lama periodenya ? apakah per 3bulan ? pertahun ? per 2 tahun ? itu perlu supaya agan bisa mengatur liburan agan setelah bekerja keras tentunya. Ingat, kontrak yang sudah disepakati akan mengikat secara hukum yang berlaku tentunya maka bijaklah dalam memilih...pilih kontrak kerja yang memberi benefit dan kenyamanan agan dalam bekerja...jangan sampai agan memilih kontrak dari perusahaan yang tidak jelas dan akhirnya menyesal dan menghabiskan waktu agan dengan penuh kesia2an dan tidak mendatangkan hasil seperti yang diharapkan.

5. Keberangkatan ke negara tujuan

Jika agan telah mencapai deal, tiket, visa dan kontrak kerja sudah ditangan.....maka bersiap2lah berangkat dan bertualang. Jangan gampang mewek jika harus jauh dari orang tua ataupun pacar untuk waktu yang lama, persiapkan mata uang dolar untuk berjaga2 jika ada keperluan mendadak tentunya, siapkan dokumentasi dan legalitas yang dibutuhkan, siapkan segala keperluan hidup paling tidak untuk sebulan sebelum akhirnya dapet gaji di bulan pertama....dan jaga kesehatan tentunya. Banyak2 menggali informasi lagi tentang perusahaan dan negara yang akan agan tuju dan tinggali, poles dengan baik bahasa inggrisnya biar ndak kayak tarzan kota (kaskus.co.id/indovers)