Tips agar tidak terkena penipuan berkedok Lowongan kerja

6 Jul 2013
Sebuah Tips - jadi gini, sekitar bulan April 2013 lalu ane juga dapet email Lowongan Kerja dari sebuah perusahaan minyak terkenal di dunia yaitu EXXON MOBILE, ane seneng dong secara ane baru lulus kuliah terus dapet tawaran menggiurkan dari perusahaan besar untuk bergabung dengan perusahaan tersebut.

nah sesungguhnya itulah yang jadi senjata dari si penipu gan, daya tarik kita terhadap salary dan nama dari perusahaan besar sehingga tanpa kita cermati lagi banyak kejanggalan yang sebenernya dapat kita simpulkan bahwa ini adalah tindakan atau modus penipuan.

masih belum ane hapus email dari si penipu gan, nah isi email yang ane dapet itu kaya gini gan :

email dari penipu:
Tips agar tidak terkena penipuan berkedok Lowongan kerja

nah seketika ane dapet email kaya gitu yang ane lakuin adalah :

1. dengan antusias nya ane hubungin nyokap ane gan
untung ane hubungin nyokap ane trus dia suruh cari tau dulu kebenarannya dengan menelpon ke nomor yang ada di email tersebut

2. ane telpon tuh nomernya yang ada di email
yang angkat pria mengaku sebagai HRD dr exxon mobile dengan nama NOFRIANDY. ane dijelasin sama dia panjang lebar lah pokonya dan intinya ane disuruh berangkat untuk test di Yogyakarta dengan membeli tiket pesawat di agen travel yang sudah ditunjuk oleh pihak Exxon mobile.

3. kecurigaan ane mulai timbul
dari hasil percakapan ane dengan si penipu, ane curiga karena tata bahasa yang digunakan pelaku sangat tidak meyakinkan, logat bicara seperti seorang yang tidak profesional.

4. ane mulai browsing
bermula dari kecurigaan ane itu akhirnya ane mulai browsing tentang EXXON MOBILE dan mencari nomor kontak perusahaan tersebut dari google dan mencari website resmi mereka.

5. ane telpon perusahaan EXXON MOBILE yang sesungguhnya
nah pas browsing ane dapet tuh EXXON MOBILE perwakilan jakarta nya, singkat cerita ane telpon deh tuh nomer, beda dari sebelumnya yang langsung diangkat sama manusia, kali ini yang angkat mesin dulu gan, dan kita dikasih pilihan untuk bicara dengan bagian apa. ane pilih hubungi bagian informasi begitu tersambung juga dilayani nya dengan bahasa inggris duluan gan ( secara ini perusahaan asing ) ane tanya deh tuh bener ga ada penerimaan lowongan kerja seperti yang ane terima via email.. dan seketika langsung dijawab ITU PENIPUAN.. ane langsung bersyukur gan bahwa ane pertama kali nelpon nyokap dan dikasih saran sama nyokap.

6. ane ga hubungin lagi tu si penipu tapi ane browsing tentang modus penipuan tersebut
nah begitu ane browsing di eyang google ane dapet 1 website atau blog yang memuat berita tentang modus penipuan itu, ternyata mereka tidak hanya menggunakan 1 nama perusahaan minyak besar , akan tetapi hampir seluruh nama perusahaan minyak besar di dunia dijadikan kedok oleh mereka, seperti : PERTAMINA, EXXON, PETRONAS, PETROCHINA DSB.

7. ane cermati ulang email nya dan ane baru sadar ada 1 kesalahan di email tersebut :
alamat email:

coba ente cermatin deh alamat email nya yang ane lingkarin merah.
sebuah perusahaan besar tidak mungkin menggunakan alamat email dengan layanan email free seperti gmail, yahoo dsb.

pertamina saja mengunakan username@pertamina.co.id sebenernya dari hal kecil tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa ini adalah modus penipuan, akan tetapi karena rasa senang dan interest terhadap hal tersebutlah yang menjadikan kita lalai akan hal tersebut.

ane bersyukur ane ga sampe ketipu gan. saran ane klo dapet email lowongan kerja bisa dicermati dulu mungkin dengan cara ane diatas, paling tidak kita sudah melakukan tindakan preventif untuk terhindar dari penipuan.

semoga ini bisa jadi pelajaran untuk seluruh kaskuser agar lebih berhati hati dalam menindak lanjuti email lowongan kerja yang kaskuser semua terima, dengan bersabar berdoa dan terus berusaha pasti semua akan bisa kita daptkan gan, jangan putus asa, dan untuk korban penipuan modus ini ataupun modus lainnya semoga Allah swt memberikan penggantian rezeki kepada agan agan semua.

dan untuk si penipu mari kita doakan agar cepat taubat dan berhenti lagi menipu, semoga cepat sadar dan kembali ke jalan yang benar dengan mencari rizki yang halal untuk menafkahi keluarga dan diri sendiri. amiiin

sekian gan tips sekaligus pengalaman dari ane, semoga dapat membantu agan agan semua.

tambahan dari kaskuser :

tambahin deh, kalo ente dapat panggilan kerja/interview, terus ente dateng karena ngarep, dan disana di suruh bayar dengan segala alasan, JANGAN MAU

cukup bilang aja baik-baik gak bawa duit, lalu pulang
karena 99% itu penipuan
logika simplenya aja, mereka cari kok kita bayar

pertimbangkan juga perkerjaan diluar kota yang dimana kita kudu ngeluarin duit buat cuma interview doang kesananya (meskipun ada janji dibayar ketika sampai, mending suruh mereka kirim tiket ke rumah kalo serius) ente murah banget keliatan soalnya kalo mau  (kaskus.co.id/danoewins)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar