[TIPS] Cara Makan Sushi yang Benar dan Enak

23 Jul 2013
[TIPS] Cara Makan Sushi yang Benar dan Enak

Sebuah Tips - Assalamu'alaikum wr. wb

Yuk mari gan kite simak

Banyak orang yang antipati ketika makan sushi pertama kali. Mungkin agan-sista salah satunya. Ini salah besar! :P Pengalaman kedua biasanya menentukan apakah agan-sista akan doyan sushi or gak. So sebetulnya apa yang dicari ketika makan sushi?? Ane pribadi sih suka rasa sushi yang segar and melting dimulut. Ada sensasi "bersih" di mulut gitu setelah makan sushi. Beda banget ketimbang habis nasi padang atau Sop Buntut. Jangan ampe yaa imej ikan mentah bikin agan-sista jadi sushiphobic

Ini dia gan fakta orang-orang begitu mencicipi sushi:

Makan sushi pertama rasanya nggak enak. Sumpah bikin muntah gan! Yang ini emberan lho gan-sis, ane juga ngalamin hal yang kaya gini.. Pengen muntah karena pertama,wasabi-nya itu dominan banget. Yang kedua, nasi sushi-nya itu kaya beras ketan yang belom mateng (ndeso inside ne  )

Makan kali kedua uenak buanget! Mulai kerasa cozy and udah mulai ngerti cara makannya.. hahaha

Sushi biasanya dimakan dengan shoyu, semacam kecap asin jepang. Celupkan sedikit saja. Remember gan, jangan banyak-banyak kecapnya,ntar yang ada rasanya jadi pahit-pahit asin gituu.. And pas nyelupin sushi-nya tuh harus ikannya dulu.. Couz kalo nasinya,bisa-bisa ntar nasinya malah amburadul kemana-mana

Ada tiga jenis sushi:

1. Makisushi, sushi yang digulung pake nori
2. Temakisushi, sushi yang bentuknya kerucut
3. Nigirisushi, sushi yang cuma nasi + ikan aja gan Ane suka banget yang beginian

Jika belum pernah makan sushi, disarankan memesan makisushi saja gan. Pilih salmon maki atau california roll (isi kepiting, apokat, timun, dan mayonnaise). Salmon maki cocok untuk menikmati rasa salmon segar, sementara California Roll teksturnya segar dan crunchy, dijamin tidak terasa asing di mulut. Untuk selanjutnya bisa mencoba Tuna, Udang, atau Unagi—semacam belut bakar ala Jepang. Rasanya Jepang banget. Makisushi dimakan dengan sumpit.

Nigiri sushi adalah sushi advanced. Rasanya lebih murni, karena dagingnya lebih banyak. Sushi ini dimakan pake tangan.

Sashimi adalah sushi tanpa nasi, alias ikan murni. Salmon sashimi paling top deh gan  asanya segar, creamy,dan seperti lumat sendiri di mulut. Tidak semua warung sashimi menyediakan salmon yang segar dan bermutu tinggi. Hati-hati agan-sista. Nahh yang ini baru yg perfect melting dan beda banget rasanyaa..

Hihi.. Kalo ngebayangin ane jadi kepengen lagi nihh.. Abis berasa makan puding gitu.. Dingin, fresh, and so melt. Oishi deh pokoknyaa

Warung sushi pasti menyediakan dua pembersih mulut, yaitu acar jahe atau GARI dan WASABI. Ini dimakan sebelum menyantap sushi, supaya mulut benar-benar bersih dan bisa merasakan semua citarasa dengan maksimal. Cara makan acar jahe nya itu, kalo abis makan maki sushi terus pengen nyobain nigiri sushi, sebelum makan nigiri sushi itulah kunyahlah acar jahe nyaa..

Wasabi rasanya pedas. Ambil seujung jari saja, letakkan di ujung lidah, lalu gosokkan ke langit mulut.Hidung Anda rasanya akan seperti lokomotif. Tapi abis itu seger banget. Persis kayak abis kumur pake Listerine.Tapi pas pertama awal nyobain wasabi, lidah ane langsung ngerasa gatel.. Berasa kunyah sabun colek.. Xixixi.. Tapi kan reaksi orang beda-beda.. iya ga gan ??

Ocha, atau teh hijau Jepang adalah minuman pendamping makan sushi yang tepat. Dingin atau hangat, Ocha menambah citarasa "bersih" setelah makan sushi. Seger deh kalo abis minum Ocha. Apalagi kalo dingin

Gimana sih cara mengetahui sushi yang kita itu makan segar dan tidak bikin sakit perut??
Coba deh agan-sista perhatiiin tekstur dan warna dagingnya. Daging ikan yang segar pasti warnanya cerah dan mengkilat bikin silau  Salmon yang segar berwarna orange cerah, sementara tuna segar berwarna pink. Perhatiin gimana cahaya menebus ikan segar. Kalo daging ikan terlihat kusam kayak air keruh, kemungkinan besar itu adalah daging lama or awetan. Sementara kalo cahaya memendar dengan cantik, pasti dagingnya segar dan siap disantap.

Wassalamu'alaikum wr. wb. (kaskus.co.id/OrangGakJelas)