8 Tips Singkat Meningkatkan Konsentrasi belajar

23 Jul 2013
 8 Tips Singkat Meningkatkan Konsentrasi belajar

Sebuah Tips - 8 Tips singkat meningkatkan konsentrasi belajar

1.Hilangkan Beban dari Tugas-Tugas
Jika ada PR sebaiknya disilesaikan dulu agar tidak kepikiran terus-menerus pada saat kegiatan belajar berlangsung. Lakukan identifikasi hal-hal yg harus dilakukan agar tidak ada beban.

2.Pikirkan Manfaat Belajar di Masa depan
Untuk menyemangati kegitab belajar, kita harus sedikit ber andai-andai. Misalkan kita sudah besar nanti akan sukses jadi orang pandai, memiliki penghasilan besar, dan lain-lain. Dengan demikian maka kita akan menjadi lebih terpacu untuk meraih masa depan yang kita cita-citakan

3.Jangan terlalu capek
Usahakan tidak membuat jadwal belajar dengan aktifitas fisik berlebih seperti olahraga, main seharian , jalan-jalan ke mall, dan lainnya. Jika sudah terlanjur capek maka belajar sebentarpun sudah bisa membuat ngantuk. Bila pulang sekolah sebaiknya langsung tidur siang atau sore, kemudian setelah bangun langsung belajar dengan serius.

4.Posisi belajar yang pas
Belajar jangan sambil tiduran , sambil nonton Tv, sambil ngobrol , sambil jongkok , dan lain sebagainya. Belajarlah dengan posisi duduk di meja belajar jika ada , atau pun di meja dan kursi yg membuat kita senyaman di meja kursi sekolah

5. Tempat yang tenang dan nyaman
Hindari lokasi belajar yang berisik atau mudah menghilangkan konsentrasi belajar kita. Bila perlu menyendirilah di kamar tanpa suara apapun. Beritahu orang-orang dirumah kalau kita sedang belajar dan mohon untuk tidak diganggu beberapa waktu demi masadepan yang cemerlang

6.Cari tahu metode belajar yang tepat
coba saja aktivitas tertentu yang menurut kita dapat menunjang masuknya materi pelajaran ke dalam otak. Misal sambil mendengarkan musik atau corat coret kertas.

7.Strategi menghapal materi pelajaran
Jika kalian mempunayi kesilitan meghapal/memahami pelajaran maka sebaiknya membuat rangkuman pelajaran yang mudah dimengerti dan dapat dilihat/dibaca kembali jika ada yang lupa. misalnya membuat hubungan gambar-gambar yang mewakili poin-poin pelajaran atau merekam suara kita saat membaca materi pelajaran untuk didengarckembali, membuat pertanyaan-pertanyaan tertentu yang atas materi yang telah dipelajari, dan laiinya.

8.Istirahat jika lelah
Jangan dipaksakan tubuh yang lelah untuk terus belajar karena tidak ada gunanya. Percuma bila dipaksakan pun bisa-bisa menjadi sakit, seperti ; pusing vertigo, demam, badan lemas , masuk angin , dll. Pelajaran yg sudah diapalpun mingkin saja bisa lupa lagi.

Paling Penting yakni Niat untuk belajar !

Sekian 8 Tips singkat meningkatkan konsentrasi belajar (kaskus.co.id/RManuel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar