[Tips] Cara nya agar motor agan lebih kenceng

1 Agt 2013
[Tips] Cara nya agar motor agan lebih kenceng

Sebuah Tips - Sekarang ini banyak berseliweran jenis motor2 baru yang menjanjikan kecepatan.. makin kepengen deh pny yang baru. klo diimbangi dengan sumur duit  agan ga masalah tinggal beli baru ngikutin perkembangan. tapi klo kita hanya pny motor yang lama tapi pngen jadi lebih cepat, cekidot akan kita bahas untuk ini...

Sproket
jalur energi yang dihantarkan adalah seperti ini

Piston — setang piston — big end
— as kruk — gigi primer — gigi sekunder —
kopling — Main Axle — pinion gear– wheel gear
— Drive Axle — Sproket depan — rantai —
sproket belakang — roda belakang..

nah sproket belakang jadi penting karena mempengaruhi rasio perputaran ban, artinya klo agan bisa menggunakan sproket belakang dengan nominal lebih tinggi maka bisa meningkatkan accelerasi..accelerasi=lebih cepet.

kelemahan : karena semakin besar sproket accelerasi bertambah tapi top speed jadi berkurang, dikarenakan beban maksimum rpm nya bertambah.

Ban
penggunaan ban tanpa kita sadari juga berpengaruh terhadap kecepatan, semakin besar ukuran ban maka berat total kendaraan otomatis juga bertambah, ditambah dengan beban kerja sproket yg smakin berat..penggunaan ban kecil membuat beban total keseluruhan menjadi ringan. sehingga menambah accelerasi =terasa lebih cepat

kelemahan : ban kecil aka cacing, mempunyai total permukaan ban yang menempel di jalan lebih kecil. otomatis penggunaan nya menjadi tidak safety ketika menikung, berbeda dngan ban besar yg relatif aman menerobos tikungan.

Knalpot
knalpot sebagai tempat gas buang biasa nya dirancang secara standar untuk mengurangi emisi n pemakaian bensin yg berlebihan. Namun, rancangan ini menyebabkan udara buang terhambat and menjadi tekanan balik ke mesin, yg membuat pembakaran menjadi kurang gress..pemakaian knalpot free flow menjadikan gas buang lancar and mempercepat si piston menyelesaikan cycle genjotan nya..tarikan akan terasa enteng and nafas mesin berisi

kelemahan : karena sistem free flow membuat suara mesin jadi lebih berisik and tentunya nyedot bensin lebih banyak bro.

CDI
CDI pada mesin terkini dapat membuat rasio kenaikan RPM mesin menjadi signifikan apalagi ketika di RPM tinggi, CDI racing dpat memodifikasi seperti pada kinerja platina dengan pembakaran super sempurna tapi mendapatkan keawetan proses buka tutup arus melewati kemampuan logam. peningkatan pembakaran dpat meningkatkan kinerja rasio RPM pada putaran tinggi..lagi2 bkin kenceng.

kelemahan : dengan pembakaran yang sempurna pun bisa jadi ga ngefek bny ke motor agan karena part2 lain nya ga support.seperti koil and ketahanan blok mesin pada suhu tinggi.
jadi mesti bijak bro..apalagi motor yg ga pny CDI.

Bore up & stroke up
wahh cara ini yg paling mahal bro, and ga semua tempat bisa, pembubutan doom piston, penggantian piston racing akan meningkatkan kompresi secara signifikan. bedah mesin seperti bisa bkin kompresi mesin jadi gila2an sehingga HP motor jadi naik dr tenaga kambing ke tenaga kuda. hal ini pula yg dilakukan pada motor racing kejurnas..

kelemahan : lemah buat dompet agan.  and kita mesti jeli mlihat batas maksimum bore up pada mesin..karena salah2 tenaga dahsyat nya ngebolongin blok mesin agan..

Bensin
the last but not least. bensin pada akhirnya mempengaruhi kinerja daya hisap n dorong piston agan..motor dengan kompresi tinggi jelas sayang klo dminumin premium yang ad blum dibakar sama busi dah kbakar dluan karena nilai oktan yg rendah.akhirnya bkin tambang karbon dblok mesin..bensin dngan nilai oktan tinggi dpat pas dbakar dengan busi and pada posisi piston yg tepat.sehingga pembakaran full dibuat jadi tenaga gerak..

kelemahan : bensin dengan oktan tinggi harga nya lebih mahal bro.and ga semua spbu nyediain trutama di kampaung2..(kaskus.co.id/manendit)