Tips berjualan online menurut tingkatan Seller/Penjual

26 Agu 2013
Sebuah Tips - Disini ane bermaksud berbagi bukan mengajarkan gan so luamyan kan buat nambah2 ilmu dari apa yang ane alami langsung cekidot

DROPSHIPPER

Nih bagi anda yang belum punya modal bolehlah memulai dari nol dulu, yakni berjualan dengan cara menjual barang langsung dari supplier/distributor. sistemnya anda memasang produk yg anda jual. Lalu cust A memesan barang dari anda,kemudian anda teruskan ke supplier produk tsb. Barang dicek supplier,jika ada anda tinggal memberi tahu konsumen dan menunggu konfirmasi dari konsumen. Deal, uang masuk ke anda dan anda membayar dari uang konsumen itu ke supplier .

LALU bagaimana customer ingin membayar secara cod(cash on delivery) atau secara langsung?
Menurut yg saya alami ,saya selalu berkata apa adanya dengan menekankan komitmen dan kepercayaan. Saya pasti mengatakan kepada customer saya "bisa gan/sis,tapi barang kita pesan dulu 1-3 hari mau?" memang sih kedengaran agak tidak etis cuma daripada kita mencoba berbohong ini itu malah jadi ribet kan . memang presentasi dengan jawaban "iya /tidak" lebih besar ke tidak. Cuma sebagai dropshipper pasti ada resikonya so paling tidak kita tidak berbohong,customer yg "iya " puas dan kita bisa mengumpulkan customer dikit demi sedikit. Jangan lupa juga selebihnya kita bermain di pemasaran/promo/layanan yg membuat customer puas

DAN ingat ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai dropshipper :

1. Dropshipper berhak memeriksa kualitas produk dari supplier tersebut

2. Pastikan customer yg memesan memegang tanggung jawabnya dalam memesan barang

3. Ketika terjadi "bad response" dengan customer, tunjukkan tanggung jawab anda
sbg contoh kalo produk yg dipesdan terlambat datang saya berani memotong harga sebagai bentuk tanggung jawab saya,atau saya beri diskon pada pembelian selanjutnya :d

4. Ketika transaksi via cod ada baiknya anda memeriksa barang yg akan diberi kepada customer itu WAJIB!

5. Tunjukkan anda sebagai seller yg profesional meski online anda harus ramah dan memberikan pelayanan
yang baik untuk customer

RESELLER

NAH anda naik ketingkat selanjutnya yaitu reseller. Reseller disini anda sudah mampu menyetok barang di rumah,itu diharuskan ya! karena dasarnya berjualan itu ya harus ada barang yg dijual. Ketika ada customer yang ingin membeli produk anda sudah siap bercod /memproses dan itu juga menambah nilai plus dimata customer. Dalam menyetok barang juga tidak harus berlusin2 tapi usahakan setiap produk yg anda tampilkan ada barangnya :d masalah nanti barang kosong/sold/habis kembali kejujuran anda terhadap customer. Biasanya customer mau kok menunggu atau dia memesan malalui preorder. Kalo memang kenyataannya tidak ya itu bukan rezeki anda  ingat rezeki anda juga TUHAN yang atur

HAL - hal yang harus diperhatikan sebagai reseller:

1. stock barang ,terutama yg memang best seller.

2. setiap barang yang sudah di stok periksa kembali kualitasnya,jadi andaikata ada uang cacat bisa di komplain ke supplier.

3.sebagai reseller ,ada baiknya menyimpannya kontak supplier jangan hanya 1 supplier . Sbg contoh saya memiliki 2 supplier pada porduk yang berbeda,tujuannya jika barang yang ingin di stok tidak ada kita bisa belanja ke supplier satunya.

4. usahakan jika belanja produk langsung datang ke suppliernya,karena kadang supplier juga tidak mau repot hanya menampilkan apa yg bisa ia tampilkan.kalo datang langsung tentu anda bisa memilih produk

5. usahakan anda memmbuat promo dalam 1 bulan. tujuannya mempertahan komsumen dan tentunya siapa sih customer yang ga seneng kalo dikasih diskon so ibarat pacar layani mereka dengan baik hehe
6. TEKANkan pelayanan anda yg ramah dan baik dengan customer

SUB SUPPLIER

Nah kenapa pada poin 3 saya mengatakan "Sub supplier"? karena posisi saya sekarang disini. jadi saya mengambil barang dalam jumlah banyak dengan harga yg jauh lebih murah dari seorang reseller,dari supplier saya.selain itu juga ada beberapa produk yang memnag sayamenjadi supplier langsung.jadi sub supplier itu masih setengah-setengah lah .tapi dengan tingkatan saat ini saya sudah bisa membuka grup reseller loh  .memang perjalanan saya sebagai pebisnis belum selesai masih banyak target yang harus dikejar salah satunya menjadi supplier langsung

Hal-hal yang harus diperhatikan sebagai sub-supplier

1. Buka grup untuk reseller tentunya dengan tawaran yang menarik untuk reseller anda .

2. Bangun dan pertahankan dengan reseller anda ,pelayanan yg baik adalah modal utama.

3. Tidak adasalahnya anda membuat "aturan main" anatara anda dnegan reseller, tujuannya agar transaksi berjalan baik ,benar dan tertib.

SEKIAN pembaca budiman . bila ada kesalahan atau kekurangan maaf ya sebagai penulis saya pemula. dan saya kana memperbaikinya.dan dasarnya saya bukan mengajarkan tapi berbagi apa yang saya alami.untuk bertukar pikiran silahkan mari kita berdiskusi. tapi tolong diingat sebagai warga negara indonesia sejati perhatikan ketertiban dan kesopana.terimakasih tunggu artikel selanjutnya (kaskus.co.id/allin1shop)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar