Tips cara memilih pensil untuk ujian nasional

29 Mar 2011
SebuahTips - Sebentar lagi menjelang Ujian Nasional, kita harus mempersiapkan segala sesuatunya, baik dari materi pelajaran maupun perlengkapan untuk mengikuti Ujian Nasional. BANDUNG, (PRLM).- Ujian merupakan hal penting yang harus dilalui oleh setiap pelajar sekolah agar bisa melangkah ke tahap berikutnya dan tentunya perlu persiapan yang tidak mudah. Akan tetapi banyak dari pelajar yang melakukan persiapan yang kurang tepat ketika menghadapi ujian, terutama ketika memilih alat tulis untuk ujian.

“Lulus ujian merupakan satu hal yang didambakan oleh setiap pelajar dimanapun dan untuk bisa lulus ujian kita bisa bagi menjadi dua faktor besar, faktor teknis dan nonteknis. Faktor teknis merupakan semua hal yang berkaitan dengan proses belajar seperti membaca, memahami, berlatih. Sementara faktor non teknis meliputi pemilihan alat tulis, kondisi psikologis, dan lain-lain,” kata Evi Erliyanti Promotion Coordinator Marketing Department PT Faber-Castell International Indonesia.

Setidaknya, kata Evi, ada lima tips untuk memilih alat tulis yang tepat saat ujian. Pertama pilih pensil dengan diameter isi pensil 2.8 mm dengan tingkat ketebalan 2B. Kedua, pilih pensil yang memiliki pori-pori kayu paling padat. “Kayu itu seperti tulang, apabila tidak padat, maka akan keropos dan mudah patah. Sama halnya dengan pensil, pilih pensil yang memiliki pori-pori kayu paling padat agar tidak mudah patah.” katanya.
Ketiga, pilih pensil yang memiliki leads (isi pensil) hitam dan mengkilat. Harus mengkilat agar bisa dibaca oleh mesin scanner. Keempat pilih pensil yang memiliki leads (isi pensil) di tengah. Posisi isi pensil harus tepat di tengah agar pensil tidak mudah patah. “Kelima, pilih penghapus khusus EBTA dan SPMB. Penghapus ini berwarna abu-abu dan sudah dibuat khusus untuk keperluan ujian. Penghapus ini sangat empuk, sehingga hasil hapusannya sangat bersih. Keunggulan utamanya ialah debu penghapus ini nyaris tidak ada (dust free) sehingga tidak mengotori kertas ujian,” tuturnya.

Selain 4 tips di atas, kata Evi, beberapa hal penting lain yang harus dilakukan ketika menghadapi ujian adalah, selalu gunakan produk paket ujian dan tidak dianjurkan untuk menggunakan pensil mekanik, sebab pensil mekanik ringkih, dikhawatirkan jika pensil macet peserta akan membuang waktu percuma untuk memperbaiki pensil.

Pada umumnya, kata Evi, menjelang ujian siswa sangat fokus pada materi pelajaran, pada umumnya kurang perhatian pada alat tulis. ”Coba bayangkan apabila kita tertinggal 1 pcs penghapus, sementara pada saat ujian kita tidak diijinkan pinjam alat tulis teman. Oleh sebab itu agar tidak ketinggalan alat tulis, gunakan paket ujian. Isi paket ujian ini sudah lengkap, terdiri dari 2 pensil castell 9000 2B, 1 rautan, 1 penghapus khusus EBTA & SPMB, 1 penggaris ujian. Dengan menggunakan produk paket ujian, masalah kelupaan alat tulis sudah terpecahkan dan rekan-rekan bisa fokus pada proses belajar,” ungkapnya. (A-157/das)***
PR